Pertemuan Timur dan Barat di Koleksi Terbaru Adrian Gan


  • Pertemuan Timur dan Barat di Koleksi Terbaru Adrian Gan
    Koleksi 'Conquerence' karya Adrian Gan.(Foto: Dok. Herworld Indonesia)


    Perancang busana Indonesia ternama Adrian Gan menampilkan koleksi couture 2019 melalui peragaan busana megah di Hotel Mulia Senayan Jakarta. Berlangsung pada Rabu (3/4), koleksi bertajuk 'Conquerence' ini merupakan bentuk eksplorasi sang desainer di luar pakem cheongsam, namun tetap menghadirkan identitas cheongsam itu sendiri.

    Prinsip rancangan 'East meets West' yang selalu dipegang oleh Adrian juga diterapkannya untuk koleksi kali ini. Tak hanya memberikan sentuhan era Dinasti Qing yang identik dengan siluet cheongsam longgaar, koleksi ini juga menghadirkan nuansa era Regency dari Eropa yang kaya akan detail dan romantis. 



    (Baca juga artikel: Inspirasi Sriwijaya di Koleksi Sapto Djojokartiko FW19)

    "Biasanya dalam membuat koleksi cheongsam, saya selalu mengacu ada pakem cheongsam tradisional. Maka kali ini saya berusaha mendefinisikannya ke dalam pakem yang lebih saru," ujar Adrian Gan.



    (Adrian Gan. Foto: Dok./herworldIndonesia)


    Koleksi ini menyuguhkan beragam cheongsam dalam rupa siluet, warna, motif, dan pengolahan material di luar pedoman yang biasa digeluti oleh Adrian. Contohnya adalah motif sulaman tradisional Cina yang kini lebih muda dan ceria, seperti pengaplikasian Chinese paper cut, Chinese shadow play, maupun teknik patchwork yang digunakan.

    (Baca juga artikel: 30 Tahun Berkarya, Didi Budiardjo 'Terlahir Kembali')

    Penggunaan jacquard tetap dipertahankan, namun dalam eksekusi yang lebih modern. Inovasi pun disuguhkan melalui bahan wol yang disulap menjadi konstruksi cheongsam yang elgan dan mewah.

    Palet warna yang dipilih diformulasikan agar menjadi lebih variatif, seperti ivory vintage, colorful, maupun palet monokromatik. Setiap busana pun hadir dengan detail indah khas Adrian.