7 Fakta Menarik Seputar Film 'Mantan Manten'


  • 7 Fakta Menarik Seputar Film 'Mantan Manten'
    Film 'Mantan Manten' menyuguhkan drama romantis yang berbeda dengan mengangkat nilai budaya daerah yang menarik untuk diikuti. (Foto: Dok/herworldIndonesia)


    Di malam penayangan perdananya, film 'Mantan Manten' mengusung set yang diset sedemikian rupa persis layaknya menghadiri pesta pernikahan. Lengkap dengan panggung pengantin bersama orangtua keluarga. 

    Bertempat di Epicentrum Walk, Jakarta pada Senin (1/4), film yang disutradarai Farishad Latjuba itu menyuguhkan drama romantis yang berbeda dari biasanya. 



    'Mantan Manten' menggabungkan kisah cinta modern dan kontemporer dengan nilai tradisional, tentang dukun manten (paes) yang menarik untuk diikuti. Menghibur sekaligus mistis. 

    (Baca juga: Review Film: Dilan 1991) 

    Menjadi film comeback Atiqah Hasiholan setelah sempat vakum dalam beberapa waktu, Mantan Manten memertemukannya dengan Arifin Putra. Atiqah juga mesti menjajal kemampuannya menguras emosi dari seorang manajer investasi perusahaan besar hingga menjadi pemaes. 

    Dengan penokohan unik yang diusungnya, film produksi Visinema Pictures ini menarik untuk disimak. Berikut fakta menarik di seputarnya? 


    1. Cerita cinta 

    Mantan Manten mengangkat kisah cinta Yasnina (Atiqah Hasiholan), manajer investasi sukses dengan Surya (Arifin Putra). Namun, hubungan itu diuji ketika ia dikhianati oleh Iskandar (Tyo Pakusadewo) dalam sebuah kasus di perusahaannya. Iskandar sendiri adalah ayah dari Surya. 

    Yasnina kehilangan pekerjaan dan hartanya, kecuali sebuah villa di Tawangmangu yang tidak disita karena belum ganti nama. Villa itu kini menjadi harapan satu-satunya Yasnina untuk bangkit lagi. Namun untuk mengambil kembali villa tersebut, Yasnina harus menjadi asisten seorang dukun manten bernama Marjanti (Tutie Kirana). Dari sini hidupnya berubah total. 

    2. Disutradarai Farishad Latjuba 

    Farishad atau yang biasa disapa Echa sebelumnya pernah menyutradarai Mantan Terindah, Klayaban, dan Pelangi di Atas Prahara. Saat mengawali terjun ke dunia film, ia membuat film pendek Durian yang ditayangkan di sejumlah festival internasional. Untuk film Mantan Manten, Farishad juga menulis naskah bersama Jenny Jusuf. 

    3. Diproduksi Visinema Pictures 

    Setelah sukses dengan Keluarga Cemaran dan Terlalu Tampan, rumah produksi yang digawangi Anggia Kharisma ini merilis Mantan Manten. Ia bekerjasama dengan Kori Adyanin yang pernah membuat Love for Sale. Anggia dalam sambutannya mengungkapkan kalau dirinya tertarik dengan gagasan besar yang diusung film ini karena keunikan dan belum pernah digarap sebelumnya. 

    4. Comeback Atiqah Hasiholan 

    Film Mantan Manten dapat dikatakan sebagai comeback Atiqah ke dunia film setelah sempat vakum beberapa waktu lalu karena menikah dan melahirkan. Sebagai lead actress di film ini, ia mesti menjajal kemampuan sebagai pemaes atau dukun manten yang jago dalam hal merias pengantin dalam adat Jawa. 


    5. Yang mencuri perhatian 

    Tak hanya menjadi drama romantis dengan kisah cinta, Mantan Manten juga menghhibur berkat sense of humor dan kehadiran Dodit Maryanto sebagai Darto, pria yang ditemui tokoh Yasnina di Tawang Mangu. Selain Dodit, aksi Tutie Kirana sebagai Bu Dhe Marjanti, dukun manten juga tak kalah mengesankan dan mencuri perhatian. 

    6. Tentang Paes 

    Mulai paruh kedua film, Mantan Manten mengupas kehidupan seorang dukun manten atau pemaes di adat Jawa. Dari mulai perannya dalam memberi restu pada pengantin, memudahkan segala urusan hingga sedikit mistis akan pencarian penerus paes berikutnya. 

    7. Tayang 4 April 2019 

    Film Mantan Manten dijadwalkan tayang di bioskop Indonesia mulai 4 April 2019. 





 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below