Andalan FE: Tangkal Anemia dengan Pil Kontrasepsi


  • Andalan FE: Tangkal Anemia dengan Pil Kontrasepsi
    Foto: Dok. Pexels.com

    Masalah kurang darah ternyata bukan masalah asing bagi kaum wanita. Luruhnya sel telur tiap bulan dalam momen menstruasi nyatanya sangat mempengaruhi kondisi dan stamina karena jumlah sel darah merah dalam tubuh akan berkurang drastis secara alami. Jika tak diimbangi dengan pengonsumsian zat besi yang cukup, maka aktivitasmu akan senantiasa terganggu. Mudah lemas, pusing, lelah, mengantuk, dan berujung kehilangan semangat adalah efek-efek yang sering ditimbulkan. Nope! Jangan biarkan situasi ini terus-terusan terjadi sebab akan mengganggu rutinitasmu. Oleh sebab itu, ada baiknya kalau wanita aktif sepertimu jauh dari bayang-bayang anemia dengan mengonsumsi makanan atau suplemen penambah zat besi.


    Oleh sebab itu, kini hadir Andalan FE! Sahabat baru kaum wanita khususnya bagi yang telah berkeluarga dan punya anak. Sebagai pil kontrasepsi yang efektif mencegah kehamilan, ia pun terbukti mampu menangkal anemia karena punya kandungan zat besi di dalamnya. Selain itu, pil ini pun turut mengusung kampanye #AktifTanpaAnemia agar para ibu bisa selalu merencanakan keluarga sambil mencegah anemia.





    (Foto: Dok. Herworld)


    "Saat wanita memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan terhadap dirinya sendiri, maka mereka akan bisa meningkatkan kesehatan, masa depan, serta kualitas hidupnya terutama dalam hal yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi" ujar Norina Veronica selaku Product Manager Andalan Kontrasepsi.


    Lalu, bagaimana cara pakainya? Mudah sekali! Pertama, mulai minum pil pada hari pertama menstruasi sesuai dengan petunjuk pada bagian belakang blister. Kedua, konsumsilah setiap hari pada waktu dan jam yang sama (baiknya sesaat setelah makan atau ketika akan tidur supaya tidak mual). Untuk efek samping, mungkin akan berbeda di tiap wanita karena sistem hormonal kita juga tak sama satu dengan yang lainnya. Namun secara umum, biasanya akan muncul flek di tiga bulan pertama pemakaian, pusing, mual, serta payudara terasa lebih lembek. Namun jangan khawatir karena efek ini akan berangsur hilang setelah beberapa kali penggunaan. 



    (Foto: Dok. Herworld) 

    Cara Kerja

    Setelah diminum secara teratur, maka metode kontrasepsi oral ini punya tiga cara kerja utama, yaitu (1) Mencegah pertemuan antara sel sperma dan sel telur, (2) Membuat cairan vagina menjadi kental sehingga sulit dilalui oleh sperma, (3) Pil berwarna putih mengandung zat besi untuk membantu mengatasi gejala anemia yang dapat muncul pada saat menstruasi, dan (4) siklus haid pun bisa jadi lebih teratur. Oh iya, berat badanmu akan tetap stabil, lho. Jadi jangan takut gemuk selama mengonsumsi kontrasepsi ini, ya.

    Fungsi Lain

    Selain mencegah kehamilan dan menangkal anemia, pil ini juga bisa mengurangi risiko kanker rahim, mengurangi rasa nyeri saat datang bulan, mengembalikan kesuburan dengan cepat, tidak menimbulkan flek pada kulit, harga terjangkau, dan sangat mudah didapat di mana saja yaitu di bidan, dokter praktik, atau apotek terdekat.

    Yang tak boleh mengonsumsi

    Meski sangat efektif, namun ada beberapa wanita yang tak boleh mengonsumsinya, yaitu ibu menyusui, pengidap kanker payudara, kanker rahim, hipertensi, perokok berat, atau berusia di atas 35 tahun.  

    So, kini jangan kuatir lagi untuk mengonsumsi pil kontrasepsi. Karena selain bisa membantumu merencanakan masa depan keluarga, kamu juga bisa tetap aktif sebagai wanita yang punya segudang aktivitas. Yeay!




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below