Sudestada: Kesempurnaan Cita Rasa Argentina di Jakarta


  • Sudestada: Kesempurnaan Cita Rasa Argentina di Jakarta
    Foto: Dok. Her world Indonesia. Penggemar kuliner ibu kota wajib datang ke Sudestada Jakarta untuk cicipi hidangan autentik khas Argentina & Latin Amerika yang superlezat!

    Disambut oleh bangunan bata merah megah yang dipenuhi tanaman, bangku rotan, kolam ikan, dan fasad yang rupawan, Sudestada Jakarta tersembunyi manis di tengah ramainya aktivitas kota. Ya, suasana bersahabat nan hangat di daerah Menteng seketika akan membawamu pada memori tentang restoran atau kafe-kafe di Bali yang kaya akan bukaan ruang, hembusan angin, dan lokasi yang strategis namun tak ramai. 





    (Teras depan yang sangat nyaman. Foto: Dok. Her World Indonesia)


    Begitu masuk, interior industrial - rustic khas Argentina dan Amerika Selatan lekas menyambut. Ruang makannya homey bak sedang berada di rumah sendiri. Tiap detail yang ditampilkan pun tak terasa berlebihan karena justru malah membuatnya makin nyaman untuk disinggahi bersama pasangan, teman, atau keluarga. Ada ornamen-ornamen manis seperti alat olahraga Polo, baju khas Argentina, sampai lukisan ikonik 'El Caminito' berukuran 4x6meter hampir setinggi langit-langit yang menggambarkan tentang bangunan bersejarah di Buenos Aires, La Boca District, tempat di mana tarian Tango pertama kali lahir. Well decorated and well designed!   



    Bicara tentang makanan, menu yang disajikan juga beragam. Mulai dari daging panggang hingga pula pizza. Hmmm, wait? Pizza? Bukannya ini restoran Argentina? 



    (Argentinian style Pizza, Belpepper & Ham. Foto: Dok. Sudestada Jakarta)

    Yup! Jangan khawatir sebab ternyata menurut tuturan Chef Victor Taborda, kuliner Argentina itu dihasilkan dari banyak pengaruh Amerika Latin dan Italia. Bedanya, Argentinian foods lebih banyak menggunakan herbs dan metode memasak dengan kayu bakar. Pernah dengar teknik 'asado'? Nah, inilah yang dilakukan di sini. Memanggang makanan di atas api terbuka. Mulai dari daging hingga pizza, semua dibuat dengan metode yang sama. Kayu bakarnya sendiri diambil dari perkebunan lokal, yaitu dari potongan kayu pohon rambutan. Kenapa? Karena menurut Victor "cook something with everything that your country gives you" adalah cara terbaik untuk menghasilkan hidangan lezat yang blend-in dengan lingkungan. Menarik, kan. Oleh sebab itu, semua bahan yang digunakan dalam tiap masakannya adalah bahan lokal berkualitas tinggi. 



    (Executive Chef, Victor Taborda. Foto: Dok. Sudestada Jakarta)


    Lalu untuk porsi dan kisaran harga, tema hidangan Sudestada Jakarta didominasi oleh menu sharing. Hal ini dilakukan karena sesuai dengan tradisi di Argentina dan Amerika Selatan, ritual memasak adalah ritual harian yang dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan makan keluarga. Jadi mereka jarang masak untuk keperluan satu orang saja. Meski tersedia menu a-la-carte, namun kebanyakan yang tersaji di sini adalah untuk dimakan ramai-ramai. Oleh sebab itu porsinya terhitung besar bisa untuk 2 - 4 orang. Dengan merogoh kocek sekitar Rp40.000 hingga 300.000, kamu sudah bisa mencicipi hidangan Argentina kelas satu yang dibuat secara kasual dan bersahaja.



    (Alat olahraga Polo yang menghiasi dinding. Foto: Dok. Her world Indonesia)

    Oke, beralih pada urusan hidangan, di sini Her World sarankan kamu untuk coba Beef Empanadas untuk menu pembuka. Bentuknya yang seperti pastel nampaknya sangat familiar secara visual. Namun begitu digigit, rasa yang keluar di mulut amat membahagiakan sehingga kamu tak akan lagi menyamakannya dengan pastel. Berisi potongan daging sapi tebal ekstra juicy dengan percik rasa kari yang menggugah selera, menjadikan kamu tidak akan cukup melahap satu melainkan dua atau tiga potong. Terlebih cara makannya harus dengan saus salsa yang terbuat dari potongan tomat segar. Rasanya lebih fresh dan Her world sangat menyukainya.



    (Beef Empanadas. Foto: Dok. Sudestada Jakarta)

    Lalu untuk menu selanjutnya yang harus kamu coba dan jadi andalan kami juga adalah Pulpo con Papas Y Salchica (Roasted Octopus) yang disajikan dengan chorizo, roasted baby potatoes, grilled sausage, dan garlic mayonnaise. Punya cita rasa khas seafood bakar yang nikmat, daging guritanya empuk, tidak amis, dan sangat enak. Terlebih jika dilahap bersapa saus bawang putih yang tersedia di sampingnya. Da bomb! Percayalah momen santap siang atau malam mu takkan terlupakan.



    (Pulpo con Papas Y Salchica. Foto: Dok. Sudestada Jakarta)


    Terakhir, signature food yang juga tak boleh kamu lewatkan adalah Matambre (Grilled Rose Meat with Chimicurri Sauce) yang akan membawa definisi makanan enak dalam hidupmu to the next level. Chimicurri sauce yang lezat disandingkan dengan Rose Meat panggang yang sedikit kenyal, akan membuka palet rasamu ke tingkatan yang lebih baik. Chimicurri sauce nya sendiri dibuat segar setiap hari di dapur Sudestada Jakarta. Potongan parsley, minyak, bawang putih, dan cabai manis, akan lekas melengkapi sajian apa pun di depan mata. Bahkan dimakan dengan sepotong pizza pun enak!



    So, rasanya tak perlu berpikir dua kali untuk datang ke Sudestada Jakarta. Selain tempat makan, mereka juga menyediakan cocktail bar, coffee shop, dan pastry spot untuk kamu yang hanya ingin nongkrong sambil menikmati kota Jakarta tepat di jantungnya. Mocktailnya enak, kopinya sangat fragranted, dan suasana nya chill. Percayalah kamu akan langsung jatuh hati karena kami pun demikian.




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below