Life & health

'HP Spectre Folio', Laptop Kulit dengan Fitur Unik

By : Rahman Indra - 2019-02-21 11:30:00 'HP Spectre Folio', Laptop Kulit dengan Fitur Unik


HP meluncurkan 'HP Spectre Folio', PC konvertibel kulit pertama di dunia. Peluncuran yang berlangsung di La Moda, Plaza Indonesia, Rabu (20/2) menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara pertama di Asia Tenggara yang menawarkan HP Spectre Folio.

Dalam peluncurannya tersebut, HP Indonesia juga menyampaikan kolaborasinya dengan Rinaldy A. Yunardi, desainer aksesoris yang dikenal dengan berbagai desain mendetail dan keterampilan kreatifnya. Rinaldy mengungkapkan dirinya sangat terbantu dengan keberadaan teknologi dan fitur yang diusung HP Spectre Folio dalam proses kreatifnya. 

Dengan desain yang unik dan teknik manufaktur berpresisi tinggi, HP menghadirkan inovasi pada setiap aspek PC di seri terbaru HP Spectre Folio ini.

(Baca juga: HP Luncurkan HP Spectre x360)

Apa yang diusung seri terbaru dari HP Spectre Folio kali ini? Hendry Widjaja, Chief Operating Officer (COO) HP Indonesia mengungkapkan HP Spectre Folio dibuat dari bahan kulit asli 100 persen berwarna kecoklatan dan kromium. 

"Seiring dengan berbagai kemudahan dalam menggunakannya, HP Spectre Folio juga memberikan kualitas canggih dan mewah yang seringkali dikaitkan dengan fashion, namun belum pernah ada di sebuah PC," ujar Hendry, di sela-sela peluncuran seri terbaru HP Spectre tersebut. 


(Rinaldy Yunardi, Hendry Widjaja (COO HP Indonesia), dan Hansen Wijaya, Consumer Personal System Category Lead HP Indonesia. Foto: Dok/HPIndonesia)


Lebih jauh ia mengatakan, peluncuran HP Spectre Folio beranjak dari laporan dari Boston Consulting Group, yang menyebutkan jumlah konsumen kelas atas di Indonesia saat ini mencapai 9 persen, dan diproyeksikan akan mencapai 21 persen dari jumlah penduduk Indonesia pada 2030.

Teknologi digital dan konektivitas yang berkembang cepat membentuk perilaku konsumen, membuat mereka membutuhkan perangkat dengan sejumlah fitur efisien dan desain yang lebih baik.

“Dengan terintegrasinya pekerjaan dan kehidupan pribadi, konsumen membutuhkan lebih dari sekedar teknologi. Mereka menginginkan perangkat yang dapat sepenuhnya mendukung mobilitas dan seluruh kegiatan mereka. Lebih dari itu, konsumen kelas atas juga mencari craftsmanship, fungsionalitas, dan kualitas,” kata Hendry. 


(Rinaldy Yunardi dan Hendry Widjaja. Foto: Dok/HPIndonesia)


Kolaborasi dengan Rinaldy A Yunardi 

Peluncuran HP Spectre Folio di Indonesia juga menandai awal kolaborasi HP dengan Rinaldy A. Yunardi, perancang aksesori yang dikenal dengan berbagai desainnya yang sangat mendetail dan keterampilan kreatifnya.

Rinaldy akan bekerja sama dengan HP Indonesia untuk berbagi perihal filosofi desain dan kreativitas yang membuatnya mampu mewujudkan ide dan visi menjadi karya nyata.

“Melakukan terobosan, dengan material berkualitas paling tinggi dan keterampilan kreatif sangat dibutuhkan untuk menciptakan sesuatu yang berbeda. Saya selalu sangat ingin tahu dan termotivasi oleh proses serta detail – dan melalui kolaborasi ini, saya bersemangat sekali dapat berbagi pengetahuan tentang keterampilan kreatif saya dan menciptakan lebih banyak karya yang tak lekang oleh waktu," ujar Ko Yung, demikian ia biasa disapa.

Sekarang, kata dia, dengan laptop HP Spectre Folio, ia dapat mengerjakannya dengan dukungan teknologi HP yang menggabungkan kulit dan logam dalam masterpiece ini.

"Saya sangat terkesan dengan desain HP yang secara estetika sangat mengagumkan dan fungsional,” kata Rinaldy. 


(Kreasi Rinaldy dan HP Spectre Folio. Foto: Dok/HPIndonesia)


Mengungkap Fitur unik HP Spectre Folio

Selain bahan kulitnya yang menjadikan HP Spectre Folio unik, beberapa fitur pun juga menjadikannya menarik untuk dikulik. Berikut beberapa di antaranya: 

- 3 posisi berbeda

HP Spectre Folio didesain terutama untuk produktivitas. Bermula dari situ, HP kemudian menghadirkan fleksibilitas yang belum pernah ada sebelumnya dalam sebuah PC dengan kemudahan perubahan bentuk menjadi 3 posisi berbeda; posisi standar laptop; posisi media untuk menikmati entertainment, dan posisi tablet untuk berkreasi. Ini dimungkinkan berkat 40 magnet yang ditempatkan dalam rangka HP Spectre Folio sehingga transisi bisa dilakukan ke tiga posisi yang berbeda dengan mulus.

- Ringan dan tipis 

Menggunakan magnesium yang sangat tipis dan ringan, HP menciptakan sebuah kerangka dan menggunakan salah satu motherboard terkecil saat ini, prosesor 8 th Gen Intel® CoreTM i7 (Y-series) 3 . Desain termal tanpa kipas yang inovatif memaksimalkan kualitas unik materi kulit untuk memberikan kenyamanan dan tetap dingin saat di pangkuan.

- Pena digital 

HP Spectre Folio juga hadir dengan pena digital yang dapat disimpan dalam tempat pena dari bahan kulit asli.


- Audio 

Untuk bagian audio, HP Spectre Folio dilengkapi HP Quad Speaker, HP Audio Boost dan custom tuning dari para ahli di Bang & Olufsen akan menghasilkan audio memukau.

- Daya tahan baterai

Perangkat ini didukung dengan daya tahan baterai hingga 18 jam sehingga memungkinkan konsumen dengan mobilitas tinggi untuk selalu aktif dan terhubung.

- Layar sentuh

Spectre Folio menghadirkan display layar sentuh 13.3 inci UHD, dan micro-edge 400-nit 4K dengan Corning® Gorilla® Glass 4TM.

- Fitur lainnya

Fitur-fitur lainnya termasuk memori 16GB, kapasitas penyimpanan data sebesar 1 TB PCIe® NVMeTM M.2 SSD. 


HP Spectre Folio merupakan tambahan produk terbaru pada jajaran produk PC premium HP di Indonesia, yang sebelumnya telah menghadirkan HP Spectre x360, PC quad-core konvertibel dengan daya tahan baterai terlama di dunia.

Seiring dengan peluncurannya, disebutkan juga bahwa HP Spectre Folio dengan warna Cognac Brown kini sudah tersedia dengan harga Rp34,999,000 di HPShopping.id dan toko-toko partner resmi HP terpilih. Tersedia opsi cicilan 0% hingga 24 bulan di partner online resmi seperti JD.ID, Lazada, Shopee, BliBli, dan Tokopedia.

Life & health