Food & travel

4 Rekomendasi Tempat Makan Sehat di Jakarta Wajib Coba

By : Rengganis Parahita - 2019-02-10 12:25:00 4 Rekomendasi Tempat Makan Sehat di Jakarta Wajib Coba

Untuk kamu yang sedang diet, menjalani clean eating, detoks, atau betul-betul ingin merubah pola makan ke yang lebih bernutrisi, maka kamu harus baca artikel ini sampai habis. Sebab, di empat tempat ini kamu tak hanya bisa menemukan santapan yang bermanfaat bagi tubuh melainkan enak dan well made. So, makanan sehat tak harus hambar dan mebosankan, kan?


1. Green Wok (@greenwok.id)


Sebagai brand makanan sehat yang telah dikenal sebelumnya, MAM milik artis cantik Dian Sastrowardoyo ini akhirnya menggandeng Adesco Group untuk membangun sebuah label healthy foods baru bertajuk Green Wok.



Berkonsep grab-and-go fast food yang bsa dibeli untuk dibawa pulang, Green Wok punya banyak pilihan menu yang mengenyangkan, enak, dan baik bagi tubuh. Sebut saja Nasi Konyaku Bakar isi Ayam Terasi Wangi, Barley Bakar isi Lidah Bawang Putih, atau Nasi Hitam Sambal Ikan Bilis Telur Orak Arik & Cuciwis. Semuanya enak dan bebas rasa bersalah! 



Bahkan, kamu juga bisa membuat rice bowl kamu sendiri dengan membuat campuran mulai dari nasi konyaku yang kini sedang banyak diminati, Oncom Leunca, Sliced Rib Eye & Onion, hingga tahu dan tauge. Yummm! Tersedia mulai dari harga Rp60.000 - Rp75.000, kamu sudah bisa mengenyangkan perut dengan santapan ekstra lezat yang dibuat khusus untuk menjaga berat badan. 



Lokasi:

Outlet Plaza Indonesia, area The Food Hall


2. Dapur Javara by Javara Culture (@javaraindonesia)


Dikenal sebagai label bumbu masak dan rempah asli Indonesia yang konsisten mempertahankan keaslian bahan bakunya dari seluruh Nusantara, Javara akhirnya membuka restoran pertama mereka di dalam toko yang pada awalnya digunakan sebagai tempat menjual seluruh varian dari bumbu yang ada.



Terletak di bilangan Kemang, tempat milik Helianti Hilman ini tak hanya menjual berbagai masakan khas Indonesia yang dibuat tanpa MSG tapi juga mempersilahkan kamu menikmati sajian yang dimasak dengan segala jenis bumbu dan bahan baku yang berasal dari Bumi Pertiwi. Asli tanpa ada bahan tambahan apa pun, seluruh rasa yang ada dari Sabang sampai Merauke akan terkumpul dalam satu piring yang bisa langsung dinikmati dengan penuh rasa bangga dan bahagia.



Ada pun menu-menu sehat yang tersaji diantaranya adalah Bebek Betutu Dapur Javara, Dendeng Batokok dengan Tumis Bunga Pepaya, Mie Pelangi Tuna yang menggunakan Gourmet Noodle Javara di mana terbuat dari berbagai jenis sayuran, Bebek Bacem, Ayam Lombok Dapur Javara, hingga homemade Wingko yang kesemuanya dijamin sehat dan dimasak dengan bahan-bahan alami.



Jadi tak perlu khawatir mengudapnya karena selain punya cita rasa yang autentik, masakan hasil Dapur Javara juga sangat pas di lidah meski tanpa penyedap. Feels like home! Bahkan kamu juga bisa belajar banyak tentang rempah-rempah Indonesia dengan mengikuti kelas atau diskusi-diskusi mereka yang sering diselenggarakan, lho. Jangan malu bertanya, ya. Kalau tertarik langsung saja tanya atau cek terus update info di Instagramnya. 



Lokasi:
Graha BS, Jl. Kemang Utara A no. 3


3. 6Pack (@6pack_id)


Bergeser sedikit ke arah Utara, ada salad bar seru yang menyediakan ragam campuran sayur lezat dan juga cold pressed juice enak. 6Pack namanya.



Bisa kamu pilih sendiri isinya mulai dari mangkuk kecil (Petite Rp75.000), sedang (Reguler Rp100.000), dan besar (Large Rp125.000), kamu sudah bisa menikmati santapan lengkap kaya gizi yang diperkaya dengan protein, karbohidrat, suplemen, topping, dan juga dressing istimewa.



Dibuat dengan konsep 'buat sendiri saladmu', ada banyak condiment yang bisa dimasukkan dalam mangkuk. Sebut saja ikan Barramundi, salmon, dory, tofu, dada ayam, rib-eye steak, baby spinach, sweet potato, quinoa, kidney beans, snap peas, zucchini, alpukat, hingga furikake. Kamu pun bisa makin melengkapi semua itu dengan tendangan rasa ekstra lewat saus Miso Mustard, Romesco, Sesame Peanut, Wasabi, sampai Mint Yogurt yang menyegarkan.



Untuk pencinta jus, macam-macam cold pressed juice juga ditawarkan di sini. Ada Kale Pack, Beet Pack, dan juga Fresh Pack yang terbuat dari sayur dan buah-buahan alami. Selain itu ada pula Honey Matcha, Matcha Original, bahkan infused water yang nikmat saat diminum kapan saja. Yuk, coba! Pas, lho untuk dimakan saat lunch atau sebelum berolahraga. Tak ada satu pun kerugian yang ditimbulkannya. Kamu malah jadi lebih fit dan siap menghadapi hari.




Lokasi

Mall of Indonesia, 1st Floor

The Breeze, Serpong, BSD


4. Serasa Salad Bar (@se.rasa)

Last but not least, Ini dia andalan kita!! Serasa! Wohoo. Kenapa? Karena semua makanannya enak dan harganya sangat terjangkau. Pas untuk kamu yang ingin sehat namun tetap ingin berhemat. 



Pertama-tama, saladnya sangat royal. Porsinya banyak dan pilihan topping nya juga tidak 'murahan'. Semua terasa segar ketika masuk ke dalam mulut apalagi saat disiram dengan homemade dressing mereka yang tak kalah lezat. Ringan, kaya rasa, tapi tidak eneg dan sukses melengkapi rasa sayuran yang ada di hadapan. Mulai dari daun selada, wortel parut, edamame, selada ungu, tomat, jagung, timun, jamur, paprika, dan lain sebaginya, semuanya fresh dan membangkitkan rasa gembira saat melahapnya.



Untuk homemade dressing, kamu bisa pilih Japanese Seaweed, Spicy Thai, Honey Mustard, Mexican, Italian, Pesto, Caesar, Green Goddess, Yoghurt, dan Cream Cheese sebagai saus yang sesuai dengan selera. Bahkan, kamu bisa customize your own salad bowl juga. Happy, kan!



Tak hanya itu, smoothie bowl mereka juga mouthwatering! Kamu harus banget coba Choco Lush yang dibuat dari pisang beku, peanut butter, dan dark chocolate yang ditabur dengan cookie crumbs, granola, toasted almonds, serta dihias dengan kayu manis. Itu rasanya luar biasa! Seperti sedang makan pencuci mulut biasa yang nikmat dan bikin hati berbunga-bunga serta wajah auto sumringah. Meski bisa ditambah topping peanut butter lagi di atasnya, namun saran kita sih lebih baik tidak usah untuk meminimalisir kalori yang masuk dalam tubuh. Bisa kok ditiadakan. Jangan khawatir. Semua bisa diatur sesuai kebutuhan badan kamu. 



Nah untuk yang baru pertama kali mau coba saladnya, saran kita sih lebih baik pesan Caesar Salad Chicken atau Salad Roll mereka. Selain lezat, seluruh elemen yang ada dalam racikan itu bak dipenuhi keajaiban di mana kamu akan terus senang dibuatnya. Ayam panggangnya banyak dan bumbunya pas, croutons nya renyah dan ada rasa herbs yang membuatnya terasa amat Eropis, dan rice paper wrap ala Vietnam yang akan membuatmu merasa dimanja oleh kudapan yang dulu sering dihindari banyak orang karena dianggap tidak menggugah selera ini. Coba dulu, baru bicara nanti. 



So, tak ada alasan lagi, kan untuk tidak makan makanan sehat. Selain variannya sudah amat banyak, rasanya pun jauh dari kata hambar. Mulai dari harga mahal sampai murah, semua bisa dipilih sesukamu. Yuk, mulai perhatikan asupan yang masuk dalam badan. Kalau bukan sekarang, apa harus tunggu sampai kelewat tua? No no no.

Salam sehat!




Lokasi
Jl. Cipete I No. 1CD
Jl. Taman Galaxy Raya Blok B 301A

Food & travel