Review Film: 'The Good Liar'


  • Review Film: 'The Good Liar'
    Film The Good Liar mengungkap sisi gelap dari masa lalu dan sifat bertahan hidup manusia yang mengorbankan orang lain. (Foto: Dok/WarnerBrosPictures)


    Film 'The Good Liar' menampilkan duet aktor Helen Mirren dan Ian McKellen yang matang dan berpengalaman. Disutradarai Bill Condon, film yang diangkat dari novel karya Nicholas Searle ini penuh intrik, dan drama. 

    Film ini mengangkat sisi gelap manusia lewat cara yang menggelitik. Sedikit unsur detektif yang mengungkap misteri, kriminal dan juga drama di baliknya. 



    Kedua karakter utama yang dimainkan Mirren dan McKellen memegang peran penting dalam menghadirkan cerita dan konflik. Hanya saja, penggarapannya agak sedikit lemah, khususnya menjelang akhir film. 

    (Baca juga: Review Film: Hotel Mumbai) 


    (Ian McKellen sebagai Roy Courtnay di film The Good Liar. Foto: Dok/WarnerBrosPictures) 


    Film 'The Good Liar' mengisahkan Roy Courtnay (Ian McKellen), seorang penipu ulung. Setelah rangkaian penipuan yang sudah dilakukannya, ia bertemu Betty McLeish (Helen Mirren) lewat aplikasi kencan. Betty yang kaya raya pun juga menjadi incaran tipuannya. 

    Di awal semua berjalan baik saja. Keduanya terlibat hubungan asmara dengan mudah. Namun, Steven (Russell Torvy), cucu Betty muncul. Ia curiga akan keberadaan Roy yang menurutnya tak wajar dan banyak kejanggalan. 

    Satu persatu teka teki dan misteri kelam yang dimiliki Roy terungkap ke permukaan. Namun, seiring itu, rahasia yang disimpan Betty juga tak kalah mengejutkannya. Keduanya kemudian dipertemukan dalam satu insiden yang menggugah emosi. Siapa yang sebenarnya penipu ulung? 


    (Helen Mirren sebagai Betty McLeish. Foto: Dok/WarnerBrosPictures)


    Drama kelam 

    Bill Condon (sutradara Gods and Monsters, Dreamgirls, The Greatest Showman) menghadirkan drama penuh intrik yang cukup unik. Separuh pertama semua tampil ringan dan mudah diikuti. Namun, di paruh kedua film, temanya menjadi agak lebih serius dan berat sehingga bisa jadi sulit untuk diikuti. 

    Naskah yang merupakan adaptasi yang ditulis Jeffry Hatcher dari buku Nicholas Searle, film 'The Good Liar' sebenarnya punya twist yang cukup menarik dan menjanjikan sebagai sebuah tontonan yang menghibur. Namun, bersamaan dengan itu, ia juga punya kelemahan yang bisa saja menjadi membosankan dan mudah ditebak. 

    Dari jajaran aktor, Helen Mirren dan Ian McKellen adalah aktor yang tak diragukan lagi dalam memainkan peran. Film ini menjadi yang pertama mereka dipertemukan dan chemistry yang hadir cukup meyakinkan. Hanya saja, beberapa kebetulan yang keduanya jalankan di film ini agak terlalu banyak. Sehingga kadang membuat dahi berkernyit. 

    Secara keseluruhan, 'The Good Liar' bisa jadi akan membuat ingatan mengarah pada film Alfred Hitchcock dengan misteri dan teka-teki yang dihadirkannya. Kelam, tapi juga menyelipkan sisi humor. Namun, kali ini, yang menolong hanyalah aksi Helen Mirren dan Ian McKellen. Di luar itu, hanya pengiring cerita menuju akhir.  

    Film 'The Good Liar' tayang di bioskop Indonesia 27 November 2019. 






 
Advertisement - Continue Reading Below