3 Bulk Store di Jakarta yang Wajib Kamu Kunjungi


  • 3 Bulk Store di Jakarta yang Wajib Kamu Kunjungi
    Belanja ramah lingkungan bukan melulu tentang tidak menggunakan plastik. Lebih dari itu, 4 toko kelontong ini punya aksi yang lebih besar (Foto, Dok. Saruga IG)

    Belanja dengan kantong yang kamu bawa sendiri dari rumah nampaknya sudah biasa. Tapi kalau secara khusus harus membawa kotak, botol, atau segala senis wadah untuk menaruh berbagai keperluan yang akan dibeli, rasanya belum banyak dilakukan. Nah, mengetahui hal ini, tiga toko dengan konsep kelontong (bulk store) berikut sengaja hadir untuk dukung gerakan ‘nol sampah’ di Indonesia.  


    NAKED INC 

    Terletak di bilangan Kemang, toko mungil ini menjual segala keperluan rumah tangga. Mulai dari beras, pasta, bumbu dapur, kacang-kacangan, hingga ragam makanan sehat seperti granola dan biji-bijian, bisa kamu beli sesuai kebutuhan. Takarannya pun bisa dikira-kira sebab harga yang dibanderol nantinya akan disesuaikan dengan berat belanjaan. Kamu hanya perlu datang lalu ke kasir untuk menimbang wadah kosong yang telah dibawa, mengambil apa yang ingin dibeli dalam wadah kaca, dan nanti akan ditimbang lagi untuk kedua kalinya sebelum diteruskan pada proses pembayaran. Sebuah pengalaman belanja baru yang menyenangkan. Interiornya pun menggemaskan karena didominasi oleh nuansa kayu dan warna-warna teduh yang menyejukkan mata.





    (Foto: Dok. Instagram Naked Inc)

    (Foto: Dok. IG Naked Inc)(Foto: Dok. IG Naked Inc)

    Tak hanya itu, Naked Inc juga merupakan toko produk kesehatan berkonsep #ZeroWaste pertama di Jakarta. Tak cuma menjual bahan makanan, mereka juga turut menjual kebutuhan sehari-hari layaknya menstrual cup, peralatan makan ramah lingkungan, teh organik, minyak zaitun, sampo serta sabun mandi tanpa bahan kimia, hingga sabun cuci piring yang terbuat dari bahan alami. Seluruh produk yang dijajakan pun berkualitas premium dan dijamin aman bagi tubuh. 



    (Foto: Dok. IG Naked Inc)


    Alamat: Como Park, Jl. Kemang Timur No. 998

    Jam buka: pk 08.00 – 20.00 (Senin – Minggu)

    Instagram: @nakedincjkt


    SARUGA

    Sama-sama mengusung konsep ‘jual eceran’, toko yang punya taglinepack-free shopping store’ ini merupakan #ZeroWaste bulk store pertama di Jakarta. Berlokasi di daerah Bintaro, toko yang diidentifikasi sebagai toko ‘sembako’ oleh pemiliknya berikut punya nuansa homey yang membuat siapa saja seakan sedang masuk ke rumah sendiri saat sedang memilih belanjaan secara self-service



    (Foto: Dok. Saruga)


    Di sini, bermacam kebutuhan dapur dan rumah tangga juga disediakan. Bedanya, mereka memberi kantong kecil berbahan kain yang bisa digunakan saat kamu lupa membawa tempat sendiri. Jadi tak perlu khawatir, tak bawa kotak bukan berarti tak bisa membeli. Belanjaan tetap bisa dibawa pulang dengan wadah dari toko yang lebih ramah lingkungan hingga tak berakhir menjadi sampah. Menariknya lagi, bahkan pada hari-hari tertentu, sering pula diadakan diskusi mengenai penanganan sampah dan bagaimana cara membuat bumi jadi lebih bersih. Bermanfaat bukan?


    Alamat: Jl. Taman Bintaro #1, Sektor 1

    Jam buka: pk 09.00 – 19.00 (Senin – Sabtu), pk 10.00 -19.00 (Minggu)

    Instagram: @sarugapackfreestore  

     

    THE BULKSTORE & CO

    Mengangkat campaign tentang Low Waste serta Local Artisans & Impactful yang bisa dipercaya, toko di daerah Menteng ini terbilang paling baru dan paling luas dibandingkan yang sudah ada sebelumnya. Berisikan bahan kebutuhan pokok dan segala jenis kudapan sehat hasil produksi lokal dan juga impor, kamu akan menemukan banyak sekali produk di sini. Mulai dari bahan masakan sampai produk kecantikan dan wellness pun tersedia. Tak hanya itu, mereka juga menjual beragam peranti yang bisa meminimalisir sampah. Seperti misalnya reusable bag, reusable straw, reusable utensils, dan masih banyak lagi. 



    (Foto: Dok. IG The Bulkstore N Co)


    Alamat: Jl. Wahid Hasyim no. 47

    Jam buka: pk 08.30 – 21.30 (Senin – Minggu)

    Instagram: @thebulkstorenco





 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below