Rajin Arisan Tanpa Menghamburkan Uang, Begini Caranya


  • Rajin Arisan Tanpa Menghamburkan Uang, Begini Caranya
    Punya banyak lingkar pertemanan kadang membuat kita mengeluarkan uang lebih. Ini cara siasati anggaran sosial tanpa mengganggu cashflow. (Foto: Dok. Pexels.com/cottonbro)

    Sebagai makhluk sosial, kita pasti hidup berkelompok. Coba pikir, ada berapa banyak circle of friends yang kamu miliki, mulai dari teman sekolah, kantor, olahraga, parenting, bisnis, dan masih banyak lagi. 

    Hal ini wajar banget karena secara alamiah, kita akan selalu punya dorongan untuk berinteraksi dengan sesama. Nah, biasanya dari interaksi ini kemudian muncul pembentukan diri untuk mulai menerima berbagai bentuk kebudayaan dan sosialisasi, misalnya arisan keluarga, bridal shower, baby shower, birthday surprise, dan lainnya.

    Percaya atau tidak, tentu hal ini memengaruhi aspek finansial kita. Bahkan, tak sedikit uang yang harus dikeluarkan demi memenuhi kebutuhan sosial ini, apalagi kalau ada yang hampir dilakukan setiap minggu. Wah, otomatis hal ini akan mengganggu cashflow. Belum lagi ditambah acara seperti pernikahan sahabat atau pembelian kado untuk teman anak. Rasanya tak cukup untuk dijabarkan satu per satu.



    Tentunya kita tak bisa langsung menghentikan kebiasaan ini, lagipula hal ini bisa memengaruhi pertemanan kita. Namun, ada cara agar pengeluaran sosial seperti ini bisa tetap dilakukan tanpa harus mengacaukan cashflow. Berikut caranya:



    (Menyiasati anggaran sosial tanpa ganggu cashflow. Foto: Dok. Pexels.com/Adrienn)

    Punya anggaran spesial

    Sebut saja pos pengeluaran sosial yang dianggarkan sebesar minimal 2,5% dari total penghasilanmu setiap bulan. Namun, sesuaikan juga dengan realita jika memang dibutuhkan, kamu bisa menambah anggaran di pos ini hingga 10%. Kadang memang akan ada pengeluaran sosial yang tidak bisa kita hindari.

    Buat rekening khusus

    Pisahkan anggaran pengeluaran sosial dari rekening yang biasa kamu gunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Walau di bulan ini tak ada pengeluaran sosial khusus, sebaiknya tetap sisihkan porsi pengeluaran agar saat mendapat undangan pernikahan/baby shower dadakan, kamu sudah punya dana yang aman.



    (Maksimalkan promo untuk berburu hadiah yang tepat. Foto: Dok. Pexels.com/Designecologist)

    Berburu hadiah

    Buat daftar hadiah yang pasti akan digunakan oleh si penerima. Setelah itu, kamu bisa manfaatkan penawaran promo atau diskon. Inilah gunanya memaksimalkan waktu untuk berburu hadiah karena kamu punya banyak opsi untuk membandingkan ragam promo yang tersedia.

    Maksimalkan fasilitas poin

    Kini, banyak toko online atau offline hingga e-money yang menawarkan penggunaan poin. Ini bisa jadi salah satu cara untuk menghemat pengeluaran sosialmu. Tukarkan poin kartu kredit atau poin marketplace saat hendak membeli hadiah. Biasanya kamu akan mendapatkan poin ekstra yang bisa digunakan untuk pembelian selanjutnya.

    Itulah cara menyiasati pengeluaran sosial agar tidak mengganggu cashflow. Siap untuk mencobanya? Selamat berhemat!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below