Biar Enggak Gugup Saat Wawancara Kerja, Makan Ini Deh


  • Biar Enggak Gugup Saat Wawancara Kerja, Makan Ini Deh
    Persiapan sudah matang, tapi masih gugup? Jangan lupakan sarapan untuk dapatkan tenaga ekstra. (Foto: Dok. Pexels.com/bruce mars)

    Sebelum memenuhi panggilan kerja, pastinya kamu sudah menyiapkan banyak hal. Dokumen penting, pakaian rapi, parfum wangi, latihan saat diwawancara. Tentu, semua itu penting. Tapi sebenarnya masih ada hal yang enggak kalah penting, namun justru sering dilupakan, yaitu sarapan.

    Padahal, makanan adalah salah satu faktor penting yang harus kamu perhatikan sebelum wawancara kerja. Apalagi kalau panggilan ini benar-benar penting buat kamu. Wah, jangan sampai badanmu lemas hanya karena lupa sarapan.



    Pakar kesehatan dan penulis, Michael Rozien, pernah membahas tentang beberapa jenis makanan yang bisa kamu konsumsi sebelum wawancara kerja. Bahkan, topik ini sempat dibahas di akun Twitter-nya. Nah, agar kamu enggak gugup saat wawancara kerja, pastikan kamu mengonsumsi makanan-makanan ini.



    (Makanan berbau bikin gagal fokus. Foto: Dok. Pexels.com/Isabella Mendes)

    Hindari makanan berbau

    Peraturan penting! Hindari makanan yang menimbulkan bau seperti pete, jengkol, dan bawang putih. Kebayang enggak, bagaimana sesi wawancara nanti kalau HRD malah fokus dengan bau-bau tak sedap saat kamu berbicara. Pastikan juga untuk menghindari makanan berkarbohidrat tinggi agar gula darahmu tetap stabil.



    (Berikan jeda saat minum kopi. Foto: Dok. Pexels.com/Kaboompics.com)

    Minum kopi sewajarnya

    Kamu masih boleh menyesap kopi namun jangan mengonsumsinya 90 menit sebelum wawancara berlangsung, apalagi beberapa menit sebelum kamu dipanggil masuk ke ruangan wawancara. Kamu tentu tak ingin perut tiba-tiba kembung dan merasa tak nyaman selama proses tanya-jawab.



    (Konsumsi gandum dan oatmel untuk ekstra energi. Foto: Dok. Pexels.com/JESHOOTS)

    Ganti dengan biji-bijian

    Cobalah mengonsumsi biji-bijian utuh yang terkandung dalam roti gandum dan oatmeal. Kamu juga bisa mengonsumsi beberapa buah-buahan yang akan memberikan energi tambahan dalam tubuh. Kamu juga akan merasa kenyang lebih lama. Jangan sampai perutmu tiba-tiba bunyi di depan HRD!



    (Karbohidrat yang terlalu banyak bisa membuatmu mengantuk. Foto: Dok. Pexels.com/Marta Dzedyshko)

    Sandwich

    Opsi lain adalah sandwich dengan gandum utuh ditambah irisan alpukat. Sangat mengenyangkan! Kalau tak ingin terlalu berat, kamu bisa menggantinya dengan kacang atau buah. Selain menambah energi, kamu juga enggak akan merasa ngantuk karena kekenyangan.



    (Selalu hidrasi tubuh agar tidak mudah gugup. Foto: Dok. Pexels.com/Just)

    Minum air yang cukup

    Hindari rasa gugup dengan membawa sebotol air minum agar mulutmu tak terasa kering sehingga tetap bisa fokus. Jika jadwal wawancara cukup panjang, kamu bisa bawa camilan sehat seperti kacang karena menurut Rozien, kacang-kacangan bisa membantu mengurangi rasa cemas.

    Itulah makanan-makanan yang bisa kamu konsumsi demi mengurangi rasa gugup saat wawancara kerja. Semangat ya!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below