Tips Beli Rumah Dengan KPR Buat Yang Masih Ragu


  • Tips Beli Rumah Dengan KPR Buat Yang Masih Ragu
    Harga hunian yang tinggi kadang bikin kita ragu untuk beli rumah. Ada cara lain untuk mewujudkan ini. Berikut tips beli rumah dengan KPR. (Foto: Dok. PIxabay/Pexels.com)

    Setelah berkeluarga, hunian jadi salah satu target yang ingin segera dicapai. Tapi, harga hunian yang meingkat setiap tahun bikin kita jadi ragu, antara menyewa rumah atau langsung membeli lewat fasilitas KPR.

    Jadi, mana yang lebih baik? Tidak ada yang salah dari keduanya karena semua tergantung dari keadaan finansial masing-masing. Jangan paksakan jika masih ada kebutuhan lain yang lebih urgent saat ini. Tapi, buat kamu yang masih ragu antara sewa dan KPR, bisa simak 4 tip berikut ini sebagai bahan pertimbanganmu.




    Pertimbangkan pendapatan dan pengeluaran

    Memiliki rumah adalah keputusan besar yang akan membebani finansial rumah tangga. Nah, agar kamu tidak salah ambil keputusan, pastikan untuk menghitung pendapatan dan pengaluaran secara rutin.

    Dengan melakukan ini setiap bulan, kamu bisa menemukan nilai sisa pendapatan yang dapat dialokasikan untuk kepemilikan rumah.



    (Pastikan untuk mengatur pengeluaran dan pendapatan setiap bulannya. Foto: Dok. Pixabay/Pexels.com)


    Bandingkan harga sewa dan KPR

    Setelah tahu berapa sisa uang yang bisa dialokasikan untuk rumah, kamu bisa mulai bandingkan harga sewa rumah dan cicilan KPR. Biasanya, biaya KPR memang lebih mahal dibandingkan sewa, tapi rumah yang dicicil tiap bulan itu akan jadi milikmu. Tentu beda dengan kondisi sewa yang walaupun dicicil setiap bulan, masih tetap jadi milik orang.

    Namun, pastikan biaya cicilan KPR masih bisa tertutup dengan pendapatan yang sudah kamu alokasikan ya. Sekali lagi, jangan paksakan diri.


    Tabung down payment (DP) atau uang muka KPR

    Ada cara lain untuk dapatkan cicilan KPR yang lebih murah, yaitu dengan DP yang lebih besar. Triknya, kamu bisa sewa rumah yang lebih murah sambil menabung untuk uang muka KPR. Setelah semua biaya sudah terkumpul, segera ajukan proses pengajuan KPR.

    Kamu bisa menghentikan masa sewa setelah KPR disetujui dan proses serah terima dilakukan. Perlu dicatat, jangan langsung menghentikan masa sewa sesaat kamu mengajukan KPR karena bisa saja proses pengajuanmu ditolak.



    (Mulai bandingkan beberapa penyedia KPR yang sesuai dengan kenyamanan finansialmu. Foto: Dok. Pixabay/Pexels.com)


    Mencari penyedia KPR

    Akhirnya kamu memutuskan untuk mencicil rumah? Selamat! Satu lagi keraguan sudah terlewati. Nah, sekarang waktunya kamu mencari penyedia KPR yang bisa memberikan kemudahan dan rasa aman dan nyaman.

    Pastikan untuk mencari penyedia yang menawarkan suku bunga stabil. Jangan gengsi juga untuk cari berbagai promo menarik, apalagi kalau ini adalah pembelian rumah pertama.

    Semoga berhasil calon pemilik rumah!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below