Nespresso Buka Butik Kopi Pertamanya di Indonesia


  • Nespresso Buka Butik Kopi Pertamanya di Indonesia
    Nespresso, pelopor dan referensi kopi porsi premium di dunia, kini hadir di Indonesia dan buka butik pertamanya di Plaza Indonesia. (Foto: Dok/Nespresso)


    Pelopor dan referensi kopi porsi premium di dunia, Nespresso mengumumkan kehadirannya secara resmi di Indonesia.

    Lewat butik pertamanya yang berada di Level 1, Plaza Indonesia, Jakarta, Nespresso membawa serta berbagai kopi berkualitas tinggi yang terkenal di dunia, mesin yang mudah digunakan, serta menyediakan layanan yang dipersonalisasi melalui Nespresso Club, sebuah komunitas eksklusif Nespresso untuk para pencinta kopi.



    Konsep baru butik Nespresso dengan format terbuka tersebut dirancang pemenang penghargaan arsitektur dan praktik desain interior, Universal Design Studio, yang didirikan Edward Barber dan Jay Osgerby. Terdapat setidaknya tiga pengalaman baru bagi publik yang datang ke butik Nespresso. Apa saja?

    (Baca juga: Cara Membuat Es Kopi Susu yang Enak)

    Pertama, sambutan sensorial. Saat memasuki butik, para Spesialis Kopi akan memperkenalkan para pengunjung ke berbagai macam kopi, di mana pengunjung dapat menemukan langsung bubuk kopi di dalam kapsul, merasakan aroma kopi, dan kemudian menyelesaikannya dengan pengalaman mencicipi kopi Nespresso.


    (Table area. Foto: Dok/Nespresso)


    Kedua, adanya pengalaman menemukan hal baru di bar. Ketika para pengunjung melanjutkan perjalanan mereka dengan meneliti mesin-mesin yang pintar dan mudah digunakan serta aksesoris yang menyertainya, seorang Spesialis Kopi akan membantu mereka dalam mengeksplorasi jangkauan kopi lebih jauh. Mereka dapat mencicipi dua kopi secara berdampingan untuk lebih memahami preferensi selera mereka dan berbagai macam rasa dari 25 kopi Original Nespresso.

    Ketiga, keberadaan meja atelier. Para pengunjung yang ingin memperluas pengetahuan mereka lebih jauh dapat bereksperimen dengan resep kopi dan mempersonalisasikan pengalaman kopi mereka melalui berbagai mesin Nespresso. Mulai dari latte dengan busa susu yang sempurna hingga kreasi kopi yang unik, para pengunjung akan belajar bagaimana meningkatkan momen kopi mereka di rumah yang biasa menjadi luar biasa.

    “Kami sangat senang karena akhirnya Nespresso hadir di Indonesia dan membawakan ‘dunia’ Nespresso yang terkenal akan kopi berkualitas tinggi serta memberikan pengalaman yang berkelas kepada para pecinta kopi di Indonesia," ujar Renaud Tinel, Head of Asia for Nespresso. Untuk pembukaan butik pertamanya di Indonesia ini, Nespresso bermitra dengan Kanmo Group.

    Hitesh Bharwani, Founder & Group Managing Director Nespresso mengatakan jumlah penggemar Nespresso diketahui cukup besar di Indonesia.

    "Dengan pembukaan butik Nespresso pertama yang berlokasi di mal paling bergengsi di Jakarta, kami percaya bahwa butik dengan konsep baru ini akan meningkatkan pengalaman pelanggan dengan beragam kopi porsi premium Nespresso,” ujarnya. 

    Ruang kontemporer dan bercahaya ini mencakup hampir 100 meter persegi dan mengundang para pengunjung untuk menjelajahi ritual baru mencicipi kopi.


    (Experience. Foto: Dok/Nespresso)


    Konsep unik

    Area butik Nespresso memberi kesempatan pada publik untuk melakukan eksplorasi kopi yang lebih dalam. Konsep unik dan ekspansif merek ini pertama kali diluncurkan di Cannes, Prancis pada awal 2017 dan sekarang telah diluncurkan di seluruh dunia.

    Pada semua butik, publik akan merasakan unsur-unsur yang mencerminkan komitmen mendalam Nespresso terhadap keberlanjutan dan kepatuhan terhadap ekonomi sirkular, kegiatan yang bersifat memulihkan dan berupaya meminimalkan limbah melalui desain yang cermat.

    “Konsep baru butik Nespresso berpusat pada lima prinsip utama: perjalanan pengunjung yang disederhanakan dan holistik melalui area yang diurutkan secara hati-hati," ujar Matteo Bressanin, Nespresso Global Retail Manager.

    Menurutnya, memasuki butik ini seperti sebuah selebrasi momen menikmati kopi dengan ritual kopi yang dipesan terlebih dahulu. Kode arsitektur baru yang hangat dan nyaman, namun dengan atmosfer premium. Di samping itu, juga mengusung ekosistem fisik-ke-digital yang tanpa batas untuk menghubungkan penjualan mobile ke destinasi butik agar dapat menghadirkan pengalaman berbelanja yang mudah.

    "Dengan menggabungkan semua elemen ini, pengalaman berbelanja menjadi sepenuhnya mendalam dengan konsumen di seluruh dunia yang dapat menemukan ‘dunia’ Nespresso dengan cara baru yang telah disempurnakan," ujarnya.

    Dalam pengembangannya, Nespresso menetapkan tujuan ambisius untuk mencapai jaringan 100% butik Nespresso yang ramah lingkungan pada tahun 2020. Hal ini akan mungkin tercapai berkat protokol bersertifikat yang mengukur pengurangan jejak karbon untuk setiap pembukaan butik baru.


    (Recycle area. Foto: Dok/Nespresso) 


    Konsep baru tersebut menunjukkan komitmen ini dengan elemen-elemen seperti permukaan atas setiap meja yang terbuat dari bubuk kopi bekas dari pabrik Nespresso di Swiss, kayu yang telah 100% bersumber dari program reboisasi, sistem teknologi untuk mengurangi konsumsi energi dan air, serta titik pengumpulan daur ulang.

    Dalam catatan resminya, Nespresso yang berpusat di Lausanne, Swiss sudah beroperasi di 80 negara, dengan kurang lebih 750 butik (data 2017). Dan di hampir semua butiknya, Nespresso mengusung perayaan atas kopi dan asal-usulnya. Publik dapat menemukan dan merasakan persembahan ini di seluruh bagian butik, mulai dari palet warna coklat pekat dari kopi, crema yang menginspirasi ubin lantai emas, serta lampu yang menggemakan semua elemen yang digunakan di kebun kopi.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below