Yuk, Belajar Jadi Sociopreneur


  • Yuk, Belajar Jadi Sociopreneur
    Foto: Dok. Campaign

    Sejak tahun 2013, bisnis sosial berkelanjutan kian marak di Indonesia. Dengan membuat usaha yang tak hanya menguntungkan diri sendiri atau satu kelompok saja melainkan punya efek positif terhadap pengembangan ekonomi masyarakat, nyatanya jadi tren baru yang berkembang di antara para usahawan muda.


    Mengetahui hal ini, label 'sociopreneur' jadi makin diperhitungkan karena selain punya dasar 'bagi hasil', kerja yang dilakukan atas basis ini pun jadi lebih menarik karena punya sifat terbuka pada perbedaan ras, gender, dan difabilitas sehingga lebih mampu menciptakan dunia kerja yang inklusif dan beraneka macam. Diawali dari kepedulian terhadap sesama dan diri sendiri, kini workshop yang mengajarkan kita untuk lebih fasih dalam menjalankan usaha model ini juga semakin banyak dan beragam.





    (MC membuka acara. Foto: Dok. Campaign)

    Nah, dalam usaha meningkatkan kualitas pelaku usaha sosial di Indonesia, @america dan Campaign akhirnya setuju untuk mengadakan kerja sama dalam mengadakan event bertajuk Young Changemaker Social Enterprise (YCSE) Academy yang akan dilakukan selama tiga bulan. Di sini, akan ada sejumlah kegiatan seperti misalnya peluncuran buku dan talkshow, coaching classes, pemilihan 10 usaha sosil terbaik, intensive mentoring bersama para ahli di bidang usaha sosial, hingga kesempatan untuk meluncurkan usaha sosial masing-masing.



    (Pemberian materi bermanfaat. Foto: Dok. Campaign)

    Pelaksanaan akademi ini sendiri mengadopsi kurikulum Amerika Serikat yang dilakukan sebagai bentuk dukungan mereka pada pertumbuhan usaha sosial di Indonesia sekaligus menyebarkan tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals) agar bisa dimengerti lebih luas lagi. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat mempersiapkan anak-anak muda di Tanah Air untuk jadi pemimpin dan pembimbing sesama anak muda di masa yang akan datang.



    (William Gondokusuo. Foto: Dok. Campaign)

    "Kami percaya bahwa ada kekuatan besar dalam anak-anak muda untuk menggerakkan Indonesia! Oleh sebab itu, anak-anak muda yang terpilih nanti akan dibimbing secara intensif dan diharapkan bisa jadi peer mentor dan inspirator bagi anak muda lainnya" ucap CEO Campaign, William Gondokusumo. Kegiatan ini pun dapat dukungan penuh dari Helga Angelina Tjahjadi, Co-founder and Managing Director dari bisnis makanan sehat berbasis sosial Burgreens yang juga merupakan Her World Woman of the Year kami di tahun 2017.



    (Helga Angelina Tjahjadi. Foto: Dok. Campaign)


    So, yuk ikutan jadi bagian dari #BeSociopreneur di aplikasi Campaign atau di https://www.campaign.com/besociopreneur. Segera daftar dan jangan sampai ketinggalan, ya! Karena melakukan perubahan mulai dari diri sendiri untuk orang lain adalah hal terbaik untuk dilakukan di era millenial seperti sekarang, lho. Make your life meaningful.



    (Berfoto bersama dalam momen peresmian event YCSE. Foto: Dok. Campaign)