Di Balik Viral Aksi '10-Year Challenge' di Media Sosial


  • Di Balik Viral Aksi '10-Year Challenge' di Media Sosial
    Jessica Biel membagi potretnya dalam aksi viral #10YearChallenge. (Foto: Dok/@jessicabiel)


    Awal 2019 dibuka dengan aksi unik bertajuk '10-Year Challenge'. Entah siapa yang memulai, aksi atau tantangan ini kini ramai di media sosial, baik Facebook, Instagram dan juga Twitter. 

    Dalam tantangan ini, setiap orang, bahkan termasuk selebriti membagi postingan fotonya dalam rentang waktu 10 tahun, seperti 2008-2018 atau 2009-2019. Jessica Biel, salah satu aktris yang turut serta berpartisipasi dan tak pelak mencuri perhatian. Pasalnya, wajah Jessica hampir tak ada bedanya dibanding 10 tahun lalu. 



    Siapa yang memulai, bagaiman challenge ini, dan siapa saja yang viral? Berikut ulasannya. 

    (Baca juga: Mannequin Challenge)

    Apa itu #10YearChallenge? 

    Aksi challenge ini juga diiringi dengan tagar #HowHardDidAgingHitYou, di mana seseorang berbagi potret mereka dalam rentang beda 10 tahun. Rentang waktunya bisa diambil antara 2007-2009 ke 2017-2019. Tantangan ini menunjukkan bagaimana usia mengubah bentuk wajah seseorang, apakah berkerut atau tidak, menua atau tidak. 



    Siapa yang memulai #10YearChallenge? 

    Aksi di media sosial seperti biasa tak jelas siapa yang memulai. Namun, ditengarai aksi #10YearChallenge dimulai dari fitur Facebook yang kerap membawa kenangan masa lalu di wall Facebook.




    Siapa yang bisa berpartisipasi di #10YearChallenge?

    Siapa saja bisa membagi potret mereka. Sejumlah nama selebritis ternama bahkan turut serta di challenge ini. 



    Siapa saja yang viral di #10YearChallenge? 

    Jessica Biel salah satu di antaranya, diikuti Nicki Minaj, Kevin Hart, dan Ryan Seacrest dan banyak lagi. Cardi B juga termasuk yang viral berkat videonya saat masih duduk di bangku SMA menyanyikan lagu Lady Gaga. 



    Ada meme #10YearChallenge? 

    Seperti biasanya, aksi di media sosial selalu melahirkan juga gurauan atau meme. Beberapa orang tak membagi potret mereka sendiri yang berbeda dari tampilan 10 tahun lalu, tapi malah menyandingkan potret mereka dengan orang lain atau selebritis.