Momen-momen Berkesan di Penutupan Asian Games 2018


  • Momen-momen Berkesan di Penutupan Asian Games 2018
    iKON tampil maksimal di panggung penutupan Asian Games 2018. (Foto: @_ikonics88/Instagram)


    Meski hujan sempat mengguyur deras Jakarta, perhelatan upacara penutupan Asian Games 2018 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada Minggu (2/9) tetap berlangsung riuh dan meriah. 

    Sederet musisi ternama memberikan penampilan terbaik dengan energi yang tak kalah besarnya seperti halnya upacara pembukaan yang spekatakuler. 



    Diawali dengan marching band dengan koreografi apik, upacara penutupan ditutup dengan manis, dan meninggalkan kesan mendalam. 

    Jika melewatkan perhelatan tersebut, berikut momen-momen berkesan selama prosesi penutupan: 

    1. Drum band pembuka

    Koreografi apik dengan permainan musik yang kompak dari drum band akademi TNI ini 'menghangatkan' stadion yang sempat diguyur hujan pada sore harinya. Penampilan ini membangkitkan energi penonton. 


    2. Jokowi dari Lombok 

    Tak hadir dalam upacara penutupan, Presiden Jokowi menyampaikan sambutannya lewat video yang direkam dari Lombok, di mana ia mengunjungi korban gempa bumi. Perhatian terhadap korban gempa bumi Lombok menjadi salah satu sorotan khusus di upacara penutupan. 

    3. Pidato Jusuf Kalla 

    Wakil Presiden Jusuf Kalla membacakan pidato sambutan untuk menutup, berterimakasih dan mengucapkan selamat pada para atlet yang sudah bertarung. Dalam lembaran pidatonya yang cukup panjang, dan berlembar kertas, ia juga menyinggung perihal tiket Asian Games dan antusiasme publik. 

    4. Tampilnya Isyana

    Isyana tampil syahdu lewat lagu Asia's Who We Are. Penampilannya menjadi pembuka yang menyenangkan yang kemudian diikuti oleh para penampil lainnya. 


    5. Hangzhou 2022

    Prosesi penyerahan bendera dan atribut resmi Asian Games pada perwakilan China, di mana akan berlangsung Asian Games 2022, tepatnya di Hangzhou. 

    6. Jack Ma naik panggung

    Mengikuti proses penanda China sebagai tuan rumah Asian Games berikutnya, pertunjukan panggung diikuti dengan hadirnya Jack Ma yang menyambut antusias. 

    7. Bams dan Lea Simanjuntak 

    Membawakan lagu Kemesraan, duet Bams dan Lea Simanjuntak mkembali menghangatkan suasana pada upacara penutupan Asian Games 2018. 


    8. Hentakan GIGI

    Band GIGI, dengan Armand dan kawan-kawan tampil membawakan "Rumah Kita" dengan penuh enerjik. Panggung bergemuruh dan semnangat bersenandung bersama tak terbendung. 


    7. Sentuhan India 

    Duet Siddarth Slathia dan Denada menghadirkan sentuhan India, lewat lagu medley Koi Mil Gaya dan Kuch Kuch Hota Hai. Dilanjutkan dengan Jai Ho yang tak kalah enerjik. 


    8. Gebrakan iKON

    Dengan lagu 'Love Scenario' dan 'Rhythm Ta' yang populer, boyband asal Korea Selatan ini membawkan dua lagu dengan koreografi tari yang apik. 


    9. Siti Badriah 

    Tampil membawkaan dangdut 'Jaran Goyang', Siti Badriah menujukan aksi panggungnya yang asik. Diikuti kemudian dengan 'Lagi Syantik' diiringi electronic dance musik oleh Jevin Julian dan Wingky Wiryawan. 


    10. Aksi RAN

    Trio RAN menggebrak panggung dnegan medley tiga lagu yang membuat panggung upacara penutupan tetao bergemuruh. Inikah Namanya Cinta menjadi lagu nostalgia yang membuat penonton bergoyang. 


    11. Menari dengan BCL 

    Dengan lagu 'Aku Wanita', Bunga Citra Lestari tampil dengan penarinya yang tak kalah asik. Ia melanjutkan lagu 'Dance Tonight' dengan berduet JFlow. Aksinya mengesankan. 


    12. Dira Sugandi 

    Dengan suaranya yang khas, Dira Sugandi tampil membawakan salah satu theme song Asian Games 2018, Unbeatable bersama JFlow. 


    13. Super Junior 

    Tiga lagu dari boyband Super Junior menjadi suguhan paling bergemuruh. Lagu 'Sorry Sorry', 'Mr. Simple' dan 'Bonamanana', diiringi dengan koreografi tari yang asik dari grup yang digawnagi Siwon dan kawan-kawan ini. Semua menari dengan balutan busana dominasi hitam putih yang membuat histeris penonton. 


    14. Afgan bawakan Meraih Bintang

    Sebelum semua berakhir, Afgan tampil memberi kejutan penutup dengan menyanyikan lagu theme song Asian Games 2018, 'Meraih Bintang'. Diikuti dengan pesta kembang api menandakan usainya perhelatan pesta olahraga terbesar Asia tersebut.