Gegap Gempita Perayaan 'Tunjukkan IndonesiaMu!'


  • Gegap Gempita Perayaan 'Tunjukkan IndonesiaMu!'
    Gelaran 'Tunjukkan IndonesiaMu!' menyambut Hari Kemerdekaan dan Asian Games 2018. (Foto: Dok/YayasanBelantaraBudayaIndonesia)



    TUNJUKKAN INDONESIAMU!




    Agustus 2018 menjadi momen perayaan penting bagi masyarakat Indonesia. Tak hanya memeringati Hari Kemerdekaan, tapi juga perhelatan Asian Games 2018 di mana Indonesia menjadi tuan rumah.

    Banyak pihak yang kemudian turut merayakan kedua event penting ini. Salah satunya, gelaran Tunjukkan IndonesiaMu!, yang diusung Yayasan Belantara Budaya Indonesia yang bekerjasama dengan Syntesis Developent, Fx Sudirman dan KONI. 

    Gelaran tahunan yang menggabungkan unsur olahraga dan budaya ini memasuki peringatannya di tahun keempat. Pada perhelatan sebelumnya, tercatat peserta yang terus meningkat, dari 1000 menjadi 1745, lalu 2000 orang. 

    (Baca juga: Panduan Nonton dan Beli Tiket Asian Games 2018) 

    Rangkaian acara Tunjukkan IndonesiaMu! dimulai pada pertengahan Agustus lalu dengan peresmian lewat peragaan busana, talkshow, penampilan tari, parade cabang olahraga dan pertunjukan musik Indonesia. Adapun peragaan busana pada 10/8, menampilkan sejumlah rancangan dari desainer Amanda Tania, Rryni House, Dhara dan OKainku. Lalu, di hari berikutnya berlangsung talkshow terkait olahraga dari atlet dan KONI. 

    Puncak perayaan ini menghadirkan flashmob tari tradisional, pementasan tari dan kirab penari dan atlet yang membuat riuh serta mencuri perhatian publik pada 12/8. 

    Tunjukkan IndonesiaMu! sendiri merupakan program Yayasan Belantara Budaya Indonesia untuk mengajak keluarga Indonesia lebih mengenal, mencintai budaya dan tradisi Indonesia. 

    Gelaran ini kemudian juga berkaitan dengan program yang diusung Synthesis Development bertajuk IndonesiaIsMe, fX Sudirman dengan Garuda Juara dan untuk Koni dalam program Koni Fair. Semuanya juga digelar menyambut Asian Games 2018.

    (Baca juga: 8 Suvenir Asian Games 2018 Wajib Punya)

    Fianty R Gosal, Project and Operation Director Synthesis Development mengatakan program Indonesia is Me yang diadakan setiap tahun bertujuan sebagai sebuah perayaan untuk ikut mensyukuri Kemerdekaan Republik Indonesia, dan sebagai wujud dukungan korporasi kepada beragam aktivitas yang mengangkat nilai nasionalisme.

    "Inisiatif ini juga sebagai wujud komitmen, dimana sebagai pengembang properti Synthesis Development selalu memberikan karakteristik sentuhan heritage Indonesia pada setiap karya properti yang dibangun,” jelasnya. 


    (Gelaran Tunjukkan IndonesiaMu! di Jakarta. Foto: Dok/BelantaraBudayaIndonesia)


    Sementara, Garuda Juara yang diusung fX Sudirman diawali dengan acara yang dinamakan Jakarta Welcomes Asia yang terdiri dari peragaan 27 cabang olahraga KONI DKI Jakarta pada 7-12 Agustus 2018 di Atrium f3 fX Sudirman, serta menampilkan 2000 penari tradisional dari Yayasan Belantara Budaya Indonesia di car freeday fX Sudirman sebagai acara puncaknya. 

    “Terkait dengan tema Tunjukkan IndonesiaMu!, di sini kami ingin bersinergi bersama masyarakat dan organisasi lainnya untuk memperingati HUT RI ke-73 dan menyemarakkan penyelenggaraan Asian Games 2018, di mana Indonesia sebagai tuan rumah. Selain itu harapannya, inisiatif ini makin kuat sinerginya dan memberi pengaruh positif kepada publi,” ujarnya. 

    Denny Maruhum Pasaribu selaku Vice President of Marketing & Commercial fX Sudirman menambahkan fX sebagai mall yang berlokasi dekat dengan Gelora Bung Karno juga ingin turut berpartisipasi memeriahkan Asian Games 2018. Dengan mengusung berbagai kegiatan, kata dia, diharapkan dapat membangkitkan semangat pengunjung untuk terus mendukung Indonesia dan menjadikan Garuda selalu Juara.

    Secara terpisah, Diah Kusumawardani Wijayanti, pendiri  Belantara Budaya Indonesia mengatakan tahun ini menjadi tahun ke-2 Yayasan Belantara Budaya Indonesia berkolaborasi dengan Synthesis Development pada rangkaian acara Indonesia Is Me-Tunjukan IndonesiaMu!. "Bagi kami Synthesis Development sebagai pengembang selalu mendukung kegiatan-kegiatan yang membangkitkan rasa nasionalisme melalui kekayaan nusantara, dengan komitmennya terhadap sentuhan lokal yang diaplikasikan di proyek properti yang dibangun,” ujar dia.  



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below