Riuh Asian Games, dari Pameran hingga Video Laser Monas


  • Riuh Asian Games, dari Pameran hingga Video Laser Monas
    Sejumlah acara meramaikan pesta olahraga Asian Games, dari mulai pameran hingga video mapping dan laser Monas. (Foto: GBK/[email protected]_tourism)


    Sejumlah acara meramaikan gelaran pesta olahraga Asian Games berlangsung di Jakarta, mulai dari pameran hingga pertunjukan video mapping Monas. 

    Pameran Asian Games diusung Museum Sejarah Jakarta, sementara Monas akan dihiasi pertunjukan video mapping sekaligus laser selama pesta olahraga berlangsung dari 18 Agustus hingga 2 September mendatang. Publik juga berkesempatan menikmati festival lampion, budaya dan kuliner Asia di Taman Impian Ancol.  



    Apa saja gelaran yang meramaikan Asian Games 2018? Berikut beberapa di antaranya: 

    1. Pameran Asian Games

    Unit Pengelola Museum Kesejarahan Jakarta dengan dukungan Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno menggusung Pameran Asian Games yang berlangsung 12 Agustus hingga 9 September 2018. Bertempat di Museum Sejarah Fatahillah Jakarta, pameran ini turut diramaikan oleh pertunjukan musik dan tari, talkshow, dan lainnya. 



    2. Video Mapping Monas

    Bertajuk 'Dari Jakarta untuk Asia', pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyajikan atraksi Video Mapping, Lasser dan Air Mancur Menari di Monumen Nasional. Video Mapping tersebut akan tampil dengan durasi 25 menit dengan 3 segment tema dan diiringi oleh digital surround sound system yg atraktif. Selain video mapping, tugu Monas juga ditembaki Laser warna-warni dengan durasi 20 menit dan Air Mancur Menari pada malam hari. Atraksi menarik ini tanpa dipungut biaya dan akan dimulai dari 17 Agustus hingga 2 September 2018 mulai pukul 19:00 wib hingga selesai. 



    3. Jakarta Market Fest

    Mendukung gelaran Asian Games, HIPMI Jaya dan Bank Mandiri menggelar Jakarta Market Fest 2018, sebuah pop-up Market Festival yang menawarkan destinasi 'one stop shopping' yang digelar di Jakarta selama satu bulan di setiap akhir pekan. Berbagai macam kuliner, fashion, dan produk kreatif lokal yang telah dikurasi secara khusus. Berlangsung di Pasar Santara, gelaran ini hadir 11-12 Agustus, 17-19 Agustus, 25-26 Agustus dan 1-2 September 2018.



    4. Asian Lantern Festival 

    Mulai 10 Agustus hingga September mendatang, Ancol Taman Impian mengusung gelaran Asian Lantern Festival, di mana terdapat lampion berbentuk Landmark dan Karakter Negara Asia serta lampion bertemakan Asian Games. Selain berfoto, publik juga bisa menyaksikan Pertunjukan budaya Asia di 'Asian Culture Festival' yang menampilkan musik dan tari Negara Asia seperti Taiko dari jepang, Genderang China, Buchacheum Show Korea, Tinikling Dance Thailand serta tari Nusantara lainnya. Gelaran yang berlokasi di Pantai Festival Ancol ini juga diikuti festival kuliner dari berbagai negara Asia. 



    5. Asian Textiles Exhibition

    Seiring dengan perayaan Asian Games, gelaran Asian Textiles Exhibition mengangkat akar budaya dan keberagaman tradisi tekstil di negara-negara Asia. Berlangsung di Museum Tekstil Jakarta, pada 9 Agustus hingga 9 September mendatang, gelaran ini juga diisi dengan bazaar, talkshow dan hiburan lainnya.