Riuh Beyonce dan Mbappe Kala Perancis Juara Piala Dunia


  • Riuh Beyonce dan Mbappe Kala Perancis Juara Piala Dunia
    Riuh Beyonce hingga Mbappe kala Perancis berhasil menjadi juara di Piala Dunia 2018. (Foto: Dok/Tookapic, Pexels.com)

    Pertandingan final Piala Dunia 2018 yang berlangsung Minggu (15/7) malam menempatkan Perancis sebagai sang juara. Tim Les Bleus berhasil mengalahkan Kroasia dengan skor 4-2. Beragam aksi mewarnai riuh kemenangan tersebut. 

    Presiden Macron yang menyaksikan dari bangku salah satu penonton di stadion beraksi bersorak dan terekam kamera. Mbappe (19) menjadi pemain bola termuda yang berhasil membuat gol di laga final mengikuti jejak legendaris Pele. 

    Tak hanya riuh di lapangan bola, Beyonce yang sedang menggelar konser On the Run II di Paris turut merayakannya dengan cara yang unik. 



    Seperti apa riuh kemenangan Prancis di Piala Dunia 2018? Berikut beberapa di antaranya:

    1. Aksi selebrasi Macron

    Indy Football menangkap momen ketika Presiden Perancis Emmanuel Macron sedang merayakan kemenangan dengan mengangkat kedua tangannya dari bangku penonton di atas stadion.  Foto ini pun menjadi viral di media sosial. 



    2. Sorak Perancis

    Ini kali kedua Perancis menjadi juara Piala Dunia, setelah yang pertama pada 1998. Warga yang berkumpul di lapangan hijau di Champ de Mars, dekat Menara Eiffel merayakannya dengan sorak yang riuh dan heboh. France 24 yang menangkap momen itu membagikannya lewat akun twitter. 

    3. Rekor Mbappe 

    Kylian Mbappe (19) mencetak rekor sendiri sebagai pemain remaja yang berhasil mencetak gol di laga final Piala Dunia, setelah Pele. FIFA mengumumkan ini tak lama usai kemenangan Perancis. Pele pun memberinya selamat, karena kini ia tak lagi sendiri di daftar rekor tersebut. Pele mencetak gol saat usia 17 tahun pada 1958 lalu. 



    4. Protes Pussy Riot 

    Di tengah pertandingan, empat orang berpakaian seragam polisi merangsek masuk ke tengah lapangan dan sempat memberi high five ke Mbappe. Mengutip Reuters, protes ini berhubungan dengan Pussy Riot, band punk anti-Kremlin Rusia. Mereka juga menuntut pemerintah Rusia melepaskan tahanan politik. Aksi ini segera diatasi oleh petugas dan pertandingan kembali berlangsung. 

    5. Aksi Beyonce

    Di konser On the Run II yang berlangsung di Paris, Beyonce membagi postingan aksi bahagia para penonton terkait kemenangan Perancis, di instagram miliknya. Salah satu potret juga menampakkan Beyonce mnengenakan jersey biru milik Perancis. 




    6. Kemenangan imigran 

    Terlepas dari trofi Piala Dunia, kemenangan Perancis kali ini juga dianggap sebagai kemenangan besar dari segi politis, dan meningkatkan kesadaran publik akan isu sosial politik termasuk imigran.  



    7. Para juara

    Selain Perancis sebagai juara dunia, beberapa pemain memboyong penghargaan. Mengutip NPR, Luka Modric, pemain Kroasia meraih The Golden Ball sebagai pemain terbaik. Harry Kane dari Inggris meraih the Golden Boot atas pencetak gol terbanyak. Thibault Courtois dari Belgia memenangkan Golden Glove sebagai penjaga gawang terbaik. sementara Mbappe meraih Young Player Award.