17 Program Menarik di Pameran Seni 'Art Jakarta' 2018


  • 17 Program Menarik di Pameran Seni 'Art Jakarta' 2018
    Selain menampilkan pameran khusus, Art Jakarta 2018 mengusung sejumlah seni pertunjukan, workshop dan seri khusus karya 10 seniman. (Foto: Dok/Pexels.com)

    Pameran seni Art Jakarta 2018 memasuki gelarannya yang ke-10 tahun ini. Berlangsung sejak 2009 oleh majalah Harper's Bazaar Indonesia, pameran seni rupa ini bakal digelar lagi di The Grand Ballroom The Ritz-Carlton Pacific Place Jakarta pada 2-5 Agustus 2018 mendatang dengan sejumlah pengembangan dan inovasi. 

    "Di tahunnya yang ke-10, Art Jakarta melalui banyak perkembangan, dan tahun ini kita rayakan dengan sejumlah program khusus," ujar Ria Lirungan, Deputy Head of Committee Art Jakarta, dalam pertemuan dengan media, di Ritz-Carlton Hotel, Pacific Place, Jakarta, pada Kamis (12/7). 

    Dalam pertemuan dengan media tersebut turut dihadiri Paramitha Soedarjo selaku Head of Committe Art Jakarta, Vivi Yip dari Vivi Yip Art Room, Markus Chandra Barata dari Pacific Place, kurator Rifky Effendy, fair consultant Gil Schneider dan Irawan Karseno dari Bekraf.  



    Di antara programnya itu, berikut 10 yang menjadi highlight yang sayang untuk dilewatkan:



    1. Mall Art

    Bekerjasama dengan Pacific Place Jakarta, pameran seni rupa publik ini akan menghiasi lobi utama dengan seniman Faizal Habibi yang didapuk sebagai pembuat karyanya. 

    2. Art Class

    Terdapat sejumlah kelas seni atau workshop di gelaran Art Jakarta 2018. Salah satunya Creative Art Class yang digawangi Ganara Art Space, dan terbuka untuk segala usia, dari anak-anak hingga dewasa. 

    3. Creative Talk

    Pembicaraan seputar dunia kreatif, di antaranya mengusung tema: Bagaimana tren dunia seni Korea saat ini?,  Bagaimana mengoleksi Art Photography?, Seni dalam komposisi musik, Seni dalam komposisi video, dan Bagaimana menjadi seorang kolektor dari Bekraf?

    4. 10 for 10 

    Dapat dikatakan ini adalah salah satu highlight paling ditunggu tahun ini. Sepuluh seniman akan membuat 10 instalasi dengan konsep museum show untuk perayaan 10 tahun Art Jakarta. Ke-10 seniman itu, yakni Kemal Ezedine, Yani Mariani, Agus Suwage, Syagini Ratnawulan, Bagus Pandega, Hahan, Chinati Juhansyah, Eddie Sutanto, Heri Dono dan Tere. 



    5. Metamorfosis Ay Tjoe Christine

    Menampilkan rangkaian perkembangan karya dari awal karir sampai saat ini, termasuk karir internasionalnya. 

    6. Japan Art Now

    Program ini menampilkan 10 seniman Jepang terkini, di antaranya Chiharu Nishizawa, Chihiro Nakahara, Hiroto Kitagawa, Hiroyuki Matsuura, Hittp Asai, Kazuki Takamatsu, Kozo Nishino, Moe Nakamura, dan Three. 

    7. AJ 100 

    Program ini merupakan rangkaian emerging galeri seni dengan beberapa karya yang dijual dengan harga di bawah Rp100 juta. Di antaranya diisi oleh Big & Small (Phil), Gudang Gambar, Indoseni, World of arts, dan Gayathri. 

    8. Find Your Light 

    Ini merupakan instalasai khusus dari Meliantha Muliawan dalam kerjasama dengan Lancome Genifique.

    9. Art Unlimited

    Bekerjasama dengan Bekraf, program khusus Art Jakarta 2018 ini merupakan presentasi khusus untuk para seniman muda, yang digawangi oleh Enin Supriyanto, Asmudjo, Irawan dan Totot. 



    10. Art Gram 

    Program ini menarik berkat adanya persona-persona Instagram dari berbagai bidang dengan tampilan posting bernuansa seni. Di antaranya ada Mikael Aldo (fotografer), Diela Maharanie (ilustrator), Lulu Lutfi Labibi (desainer), Benny Jurdi (traveler), dan Chef Chitra (Chef). 



    11. Partnership 

    Art Jakarta tahun ini juga bakal diisi oleh video Art dari TimeLab Jepang, presentasi khusus Biennale Yogya, Museum dan edukasi oleh MACAN, Museum Ciputra, SCAD, Erudio School of Art, dan beberapa instalasi dari galeri seni. 

    12. Performance

    Di luar program pameran, ada juga beberapa penampilan khusus di antaranya 'Mwatirika', karya Papermoon Puppet sebagai inspirasi membentuk 'Flying Balloon Puppet'. Show ini dan Pasar Purnama dibuat Sasikirana, dengan dukungan Djarum Bakti Budaya. Selain itu, ada juga Food Art oleh Chef Chitra. 

    13. Charity Programs

    Art Jakarta tahun ini mengusung program khusus berupa lelang amal Art Carpet untuk Yayasan Mitra Museum Jakarta, di antaranya lewat karya Wedhar Riyadi, Bambang Toko, Radi Arwinda, Hendra Hehe, Aditya Novali, Mujahidin, Indieguerillas, Darbotz, Robby Dwi Antono, dan Abenk Alter. 

    14. Peduli jantung

    Bekerjasama degan Yayasan Jantung Indonesia, di sini juga bakal ada program kampanye YJI dalam meningkatkan kepedulian akan kesehatan jantung. Di dalamnya terdapat program talkshow, pemeriksaan tekanan darah dan kolesterol, dan produk tableware dengan aplikasi karya lima seniman bekerjasama dengan Zen Fine Tableware, di antaranya ada karya Aqil Nurahman, Ronald Apriyan, Sony Irawan, Arman Tropik, dan Labidou Piko. 



    15. Art Merchandise/Bar

    Art Jakarta 2018 merilis merchandise dengan seri terbatas dalam bentuk messenger bar, sarung bantal, tumbler, payung, kaos, bag strap dan boneka teddy bear dengan aplikasi karya seniman Wedhar Riyadi, Agan Harahap, Uji Hahan Handoko, dan Petek Sutrisno. 

    16. Creative Market 

    Berada di Pacific Place dari 26 Juli -5 Agustus 2018, area ini khusus menyediakan berbagai produk kreatif dan bernilai seni untuk pasar lebih luas dan harga terjangkau dalam bentuk merchandise dan produk dekoratif. 

    17. Pop up Restaurant

    Restoran khusus dengan menghadirkan karya Chef Seumas Smith, dan desainer interior Kezia Karin dan Larc Studio, serta produksi Viro Interior. 

    Selain itu, highlight khusus yang patut dilihat di Art Jakarta tahun ini, ada Solo Show Botero oleh Le Museo dari Spanyol, dan pameran dari galeri ternama seperti Gajah Gallery, ROH Project, Mizuma Gallery, RUCI Gallery dan Galeri AGSI. 

    Total, Art Jakarta 2018 menghadirkan 1.000 karya seni dari sekitar 300 seniman, dan 51 galeri dengan harga tiket masuk Rp50 ribu. Jika belum ada agenda, jangan lewatkan pameran yang dijadwalkan berlangsung 2-5 Agustus 2018 ini.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below