Tips Lengkap Dapat Foto Bagus dengan Kamera Smartphone


  • Tips Lengkap Dapat Foto Bagus dengan Kamera Smartphone
    Tips Lengkap Dapat Foto Bagus dengan Kamera Smarthphone, (Foto: freepik)

    Berhasil mendapatkan foto bagus lewat kamera smartphone kadang gampang-gampang susah. Apalagi jika memotret di dalam ruang seperti museum atau pameran seni. Namun, sebenarnya setiap orang bisa mendapatkan foto bagus asal tahu bagaimana menyiasatinya.

    Entah itu dengan memaksimalkan fitur yang ada di kamera, atau melakukan pengeditan pasca pemotretan. Setiap trik ini jika diterapkan dengan baik akan menghasilkan foto yang tak kalah hasilnya jika dibanding foto hasil kamera profesional.

    Aries Lukman, founder iPhonesia, mengungkapkan semua orang bisa mendapat foto bagus hanya dari kamera smartphone asal tahu tekniknya.  Berikut lima tips yang bisa diterapkan jika ingin mendapat foto bagus dari kamera ponsel:



    (Baca juga: Tips Memotret Secara Profesional Bersama Huawei P9 Lite)

    1. Belajar mengobservasi 

    Sebelum berfoto di sudut museum atau di karya seni yang disukai, misalnya, usahakan observasi dulu tempatnya sembari menikmati seninya. Bila saat memantau ke segala penjuru arah, sudah mendapatkan spot tempat yang bagus, barulah bisa mulai mengambil foto. 

    "Selain itu, kamu perlu juga memerhatikan pencahayaan di sekitar spot foto: apakah cukup pencahayaannya dan ambience-nya bagaimana? Karena smartphone kan punya keterbatasan di pencahayaan. Jadi, hati-hati kalau mau mengambil foto bila cahaya di ruang itu kurang. Kalau memang ternyata, cara angle foto lain – yang natural light-nya bagus. Sebab, kualitas kamera smartphone masih belum sebaik kamera mirrorless atau DSLR," urai Aries.

    2. Perhatikan arsitekturnya

    Dalam art gallery atau museum, karya seni dan orang merupakan satu kesatuan. Di mana bila dua hal itu menyatu, foto yang muncul  seperti punya daya magis. Oleh karenanya, perhatikan artisitektur yang terlihat di mata: apakah interior-nya bagus? Apakah menarik kalau berfoto di sana? 

    3. Fokus pada karya seni

    Jika datang ke pameran karya seni dan ingin memotret, pastikan angle foto tidak membuat karya seninya terlihat kecil. Harus diingat, saat datang ke pameran seni, “pemeran utamanya” ialah karya seninya. Misalkan, ingin memotret di dekat lukisannya. Jangan sampai detail dari lukisan hilang, dan fokus utama tetap karya seninya.

    4. Interaksi

    Buatlah foto yang ada interaksinya dengan orang-orang. Karya seni akan mempunyai daya pikat itu kalau ada manusia di dalamnya. Jadi, hasil foto tidak “kering”.

    5. Optimize your smartphone

    Apa saja yang harus dioptimalkan dari smartphone? Berikut selengkapnya.

    - Komposisi dan angle foto

    Perhatikan komposisi dari foto yang diambil. Usahakan karya seni berada di tengah-tengah. Jadi, begitu orang lihat langsung jadi mengerti fotonya.

    - Fokus dan exposure

    Ini hal sepele tapi bisa jadi membuat foto lebih bagus. Jika ingin bagian dari objek foto terang, fokuskan dengan menyentuh objek foto di layar smartphone.

    - Pakai lensa lebar

    Bila ingin mendapatkan hasil foto yang bagus di pameran, bisa memakai lensa tambahan. Misalkan, ingin memotret lukisan yang besar dan ingin mendapatkan detail gambarnya, lensa tambahan akan sangat membantu dalam komposisi.

    - Edit foto dengan aplikasi edit foto

    Setelah mendapatkan hasil foto yang diinginkan, jangan lupa menyempatkan untuk mengedit foto. Saat ini sudah banyak aplikasi edit yang bagus untuk membuat hasil foto jadi lebih bagus, antara lain VSCO Cam, Snapseed, dan Lightroom CC.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below