Yang Perlu Diperhatikan Saat Beli Suplemen Vitamin C


  • Yang Perlu Diperhatikan Saat Beli Suplemen Vitamin C
    Mau Beli Suplemen Vitamin C? Perhatikan Ini Dulu, (Foto: Freepik)

    Mengonsumsi suplemen vitamin C jadi pilihan seseorang, karena biasanya ia belum bisa memenuhi asupan vitamin C hariannya. Sayur dan buah yang dikonsumsi dianggap masih belum mencukupi kebutuhan harian. Oleh karena itu, akhirnya membeli suplemen vitamin C.

    Tetapi, jangan asal membeli suplemen vitamin C ya ladies. Alih-alih mau badan fit justru membuat ginjal bermasalah.

    Dijelaskan Marya Haryono, dokter ahli gizi dari Rumah Sakit Umum Bunda Jakarta, suplemen vitamin C yang dijual di pasaran, dosisnya relatif tinggi. Dan bila dikonsumsi berlebihan dalam waktu lama bisa membuat ginjal berkerja ekstra dan bisa membuat gagal ginjal. Alhasil, menjadi penting untuk membeli suplemen vitamin yang cukup untuk tubuh. 



    “Yang dijual bebas itu bisa 200-300 miligram. Sedangkan paling banyak kebutuhan vitamin C kita itu sekitar 90 miligram. Untuk itu, kita harus hati-hati,” katanya di sela diskusi kesehatan di Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

    Anjuran untuk melebihkan asupan vitamin C hanya untuk mereka yang banyak terpapar radikal bebas, seperti perokok aktif dan pasif. “Itu pun hanya menambah sekitar 35 miligram vitamin C. Tidak sampai ratusan miligram,” katanya.

    Jadi, pungkas dokter Marya, harus mau cek label setiap mau beli suplemen vitamin C. Lalu, pilih suplemen vitamin C yang dosisnya bisa mencukupi kebutuhan harian.  Tidak berlebihan dari asupan vitamin C yang sudah 'masuk' lewat sayur dan buah.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below