Alasan di Balik Sering Lembur Rentan Serangan Jantung


  • Alasan di Balik Sering Lembur Rentan Serangan Jantung
    Sering Lembur Bikin Serangan Jantung? Ini Kata Ahlinya, (Foto: freepik)

    PROBLEM :

    LEMBUR seringkali menjadi pilihan seseorang yang punya pekerjaan yang banyak. Alhasil, waktu hariannya tersedot untuk menyelesaikan pekerjaan, bahkan termasuk jam tidurnya. Hingga akhirnya tak jarang banyak yang jatuh sakit. 

    Dalam kondisi itu, banyak orang yang akhirnya cemas bila lembur. Mereka dibayangi berbagai masalah kesehatan, bahkan ada karyawan muda yang terkena serangan jantung karena lembur. Tetapi, benarkah lembur bisa menyebabkan serangan jantung?



    SOLUSI:

    Dijelaskan dr. Daniel Tanubudi, SpJpdokter spesialis jantung dari Rumah Sakit Eka Hospital, sebenarnya tidak ada kaitan langsung antara kerja lembur dengan penyakit jantung. Hingga saat ini, kata dia, risiko umum dari penyakit jantung ialah rokok, hipertensi, diabetes, kolesterol, kurang olahraga, kegemukan, dan keturunan.

    Namun, gaya hidup tak sehat bisa menyebabkan gangguan kesehatan, baik itu ringan sampai fatal seperti serangan jantung, termasuk sering kerja lembur hingga larut malam. Ditambah lagi dengan keseringan mengonsumsi makanan cepat saji, malas bergerak dan terlalu banyak duduk, kurang tidur serta kurang berolahraga. Semua itu bikin risiko orang bisa menyebabkan terkena penyakit jantung – dalam usia muda.

    Seringnya lembut ditengarai membuat waktu istirahat dipakai untuk bekerja sehingga tak sempat berolahraga dan tidak regenerasi sel dalam tubuh. Sementara konsumsi makanan cepat saji biasanya berkalori tinggi, hingga membuat lemak dalam tubuh menumpuk lalu bikin tubuh gemuk. Kalau sudah seperti itu, aliran darah dalam tubuh tak lancar.

    Terlebih, kebanyakan orang lembur banyak yang tidak memerhatikan asupan mereka. Mereka cenderung memilih camilan yang tidak sehat, seperti berminyak, berlemak dan gula. Sehingga, kalau digabungkan dengan gaya hidup di atas, tak mengherankan kalau ada seseorang di umurnya yang masih muda sudah terkena serangan jantung.

    Harus perlu diingat, agar aktivitas harian bisa berjalan lancar, tubuh butuh istirahat 8 jam untuk memulihkan diri. Benteng pertahanan pertama tubuh itu dari tidur. Jadi, kalau mau berumur panjang dengan tubuh jauh dari penyakit? Usahakan untuk mendapat kualitas tidur yang baik dan cukup.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below