Kontribusi Besar Pandora untuk Kelestarian Lingkungan



  • Selain fokus melansir koleksi yang fashionable dan berkualitas, tahukah kamu bahwa Pandora juga merupakan label perhiasan yang ramah lingkungan?


    Tim her world membuktikannya sendiri dengan mengunjungi pabrik kedua Pandora yang berada di area industrial Lamphun, Chiang Mai, Thailand Utara bulan Mei lalu. Ini merupakan pabrik perhiasan pertama yang memiliki sertifikasi LEED (Leadership in Energy and Environmental Design) di Asia.




    Suasana pabriknya begitu hijau. Desain bangunannya begitu modern, minimalis, disertai pepohonan rindang, tanaman, dan beberapa kolam yang membuatnya terasa semakin sejuk juga nyaman.  


    Ternyata, charm bracelet yang merupakan produk ikonisnya menjadi inspirasi utama dari desain pabrik terbaru ini. Jika dilihat dari atas, bentuk green facility ini menyerupai lingkaran gelang dengan aksen pendants yang cantik.


    Semua elemen di dalam Pandora Green Facility Lamphun dirancang sedemikian rupa agar memberikan dampak baik bagi lingkungan, masyarakat, dan pegawainya. Di antaranya adalah:


    Area Terbuka yang Nyaman


    Temperatur di area outdoor diregulasi oleh “The Halo”, yaitu atap di atas jalan setapak yang menghubungkan tiap bangunan. Hal ini membuat para pekerja selalu nyaman berjalan kaki dalam cuaca apapun. 


    Solar Panels


    Sinar matahari direfleksikan oleh solar panel untuk membantu menurunkan suhu di dalam ruangan, sehingga penggunaan penyejuk ruangan (AC) dapat dikurangi. Energi panas yang diserap oleh panel photovoltaic ini dapat menghasilkan 1.420 mega watt listrik setiap tahunnya. Sistem inovatif ini membantu mengurangi konsumsi energi hingga 80%.


    Pemilihan Material Bangunan yang Cermat

    Sebagian besar bahan bangunan yang digunakan untuk mendirikan pabrik ini didapatkan dari area yang hanya berjarak maksimal 800km dari lokasi. 30% material berasal dari bahan daur ulang dan 75% dari sampah konstruksi langsung dialihkan ke fasilitas daur ulang. 


    Hemat air

    Pabrik ini memiliki sistem daur ulang yang sangat efisien. Dengan menampung air hujan selama musim hujan dam menanam tanaman lokal yang tidak memerlukan banyak air, facility ini mampu mengurangi konsumsi air sebanyak 45%.


    Kenyamanan Dalam Ruangan

    Sistem air conditioning di dalam gedung dirancang untuk memberikan kenyamanan maksimal bagi para pegawai. Sistem ventilasinya juga membantu mengurangi kontaminasi berbahaya pada udara. 

    Teman-teman media dari Asia sedang melihat proses produksi perhiasan di dalam ruangan yang nyaman.


    Organisasi Limbah

    Gypsum atau gips merupakan salah satu material yang paling banyak digunakan dalam proses pembuatan jewellery. Untuk meminimalisir limbahnya, gips yang sudah tidak terpakai dikirim ke perusahaan konstruksi untuk diolah kembali. 


    Melihat proses pencetakan dummy perhiasan menggunakan material gips.


    Selain Lamphun Green Facility, Pandora juga telah memiliki pabrik pertamanya yang berlokasi di Bangkok. Perbedaannya, pabrik Bangkok terbagi dalam 15 gedung dan 65 lantai yang berbeda. Sementara area produksi di pabrik Lamphun hanya terdiri dari satu lantai yang saling terhubung tiap departemennya. Hal ini membuat segala proses lebih hemat waktu juga transportasi. 


    Fakta menarik, Pandora Green Facility Lamphun yang berdiri pada tahun 2016 ini hanya dibangun dalam waktu 15 bulan saja! 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below