Daniel Lee, Direktur Kreatif Baru Bottega Veneta


  • Daniel Lee, Direktur Kreatif Baru Bottega Veneta
    Daniel Lee. (Foto/Dok/BottegaVeneta)

    Setelah ditinggal direktur kreatifnya Tomas Maier, Bottega Veneta menunjuk Daniel Lee, desainer asal Inggris sebagai penggantinya. 

    Dalam pasar mode yang semakin kompetitif dan mudah berubah, penunjukan Lee, seperti dikutip dari New York Times menambah daftar panjang tren penunjukan desainer kurang dikenal ke dalam kelompok label mewah Italia.

    Sebelumnya, ada Alessandro Michele yang masuk tim desain Gucci tiga tahun lalu, lalu Paul Surridge dan Paul Andrew yang ditunjuk untuk menghidupkan kembali keberuntungan di Roberto Cavalli dan Salvatore Ferragamo.



    Kabar penunjukan Lee disampaikan François-Henri Pinault selaku Chief Executive Officer Kering, induk perusahaan dari Bottega Veneta dalam pernyataan resminya beberapa waktu lalu. Ia mengatakan dirinya sangat senang menyambut Daniel Lee ke Kering sebagai Direktur Kreatif Bottega Veneta.

    Ia juga mengungkapkan bahwa dirinya yakin Lee akan bisa membuka lembaran sejarah baru untuk rumah mode tersebut, dan tak sabar untuk menunggu karyanya di Bottega Veneta.

    Chief Executive Officer Bottega Veneta, Claus Dietrich, juga menyampaikan kepercayaannya melalui pernyataan resmi tersebut.

    “Daniel Lee memiliki pemahaman yang mendalam mengenai tantangan Bottega Veneta saat ini, baik dalam bentuk kreasi maupun pengembangannya.”

    Claus menambahkan, “Dia akan membawa Bottega Veneta ke bahasa kreatif yang baru dan khas, yang akan terus membangun kesuksesan label ini berdasarkan dasar ambisi yang telah dikembangkan selama beberapa tahun terakhir.”



    Rekam jejak Daniel Lee

    Terkait penunjukannya ini, Daniel Lee mengatakan ia merasa terhormat dipercaya meneruskan warisan yang dibuat Bottega Venete selama lima dekade terakhir. 

    "Dengan mempertahankan karakter label ini, saya berharap untuk mengembangkan apa yang telah ada sebelumnya, sembari menyumbangkan perspektif baru dan modern,” ujar Daniel Lee melalui pernyataan resmi yang dikeluarkan Bottega Veneta.

    Daniel Lee sendiri bukanlah nama asing di dunia mode. Meskipun baru berusia 32 tahun, sebelumnya ia telah menjabat sebagai Direktur Desain Busana Siap Pakai di rumah mode yang juga bergerak di bidang busana siap pakai dan produk mewah, Céline.

    Céline bukanlah brand satu-satunya yang pernah menjadi tempat bekerja Lee. Sebelumnya, ia juga pernah bekerja untuk sejumlah label ternama, seperti Maison Margiela, Balenciaga, dan Donna Karan.

    Tak hanya itu, Lee juga merupakan lulusan universitas seni terkemuka di Inggris, yaitu Central Saint Martins College of Art and Design. Perguruan tinggi ini tergolong sukses mencetak deretan perancang busana ternama lainnya, seperti Alexander McQueen, Zac Posen, Stella McCartney, dan Paul Smith. Lee resmi bekerja sebagai direktur kreatif per 1 Juli 2018.

    penulis: Yolanda Deayu



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below