Agar Perempuan Bisa Berumur Panjang Sampai 71 Tahun


  • Agar Perempuan Bisa Berumur Panjang Sampai 71 Tahun
    Agar Perempuan Bisa Berumur Panjang Sampai 71 Tahun, (Foto: Freepik)

    STUDI terbaru menunjukkan bahwa harapan hidup masyarakat Indonesia meningkat dari rata-rata 63,6 tahun jadi 71,7 tahun. Tetapi, dalam temuan itu harapan hidup perempuan masih belum bisa mencapai ekspektasi.

    Lho kok?




    Menurut ketua studi Nafsiah Mboi, itu karena banyak wanita belum teredukasi tentang penting nya nutrisi yang cukup pada saat hamil. Sehingga, banyak yang meninggal saat melahirkan. Padahal, tonggak orang bisa hidup lebih panjang umur dari biasanya berada di fase itu.


    “Kalau ibu tidak bisa memberi nutrisi cukup, banyak penyakit yang munculdan akhirnya kena maternal. Maka, banyak wanita alami kurang gizi. Sehingga harapan hidup belum mencapai ekspektasi. Banyak wanita meninggal waktu melahirkan atau AKI (angka kematian ibu)-nya tinggi,” katanya dalam temu media, di kawasan Sudirman, Jakarta, Jumat 29 Juni 2018.


    Selain itu juga harapan hidup sangat dipengaruh pada kematian bayi dan kematian neonatal (bayi baru lahir). Oleh karenanya, harus mampu meredam faktor risiko yang membuat kematian bayi terjadi.


    Misal, melakukan vaksin disetiap umur-nya dan memberi nutrisi yang cukup. Sehingga virus dan penyakit tidak masuk kedalam tubuh bayi.


    “Sebagai gambaran, pentingnya vaksin itu vaksin pneumonia. 141 negara pakai vaksin pneumonia, hanya indonesia yang belum gunakan. Padahal, itu vaksin yang bisa turunkan kematian bayi dan balita serta berdampak pada orangtua,” terang Nafsiah.


    Oleh karenanya, pungkas Nafsiah, para wanita harus bisa mulai mencukupi nutrisi saat hamil. Itu semata-mata bukan hanya untuk bayinya, tapi juga untuk calon ibu sendiri: agar bisa berumur panjang sampai 71 tahun.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below