Yeay, Harapan Hidup Masyarakat Indonesia Meningkat


  • Yeay, Harapan Hidup Masyarakat Indonesia Meningkat
    Yeay, Harapan Hidup Masyarakat Indonesia Meningkat, (Foto: freepik)

    SETIAP orang pasti berharap bisa hidup sampai tua di mana masa itu mereka menghabiskan waktu dengan menggendong cucu dan menikmati hidup. Kabar baiknya, masyarakat Indonesia punya peluang ke arah tersebut.


    Ya, dalam hasil penelitian terbaru dr. Nafsiah Mboi, Sp. A, MPH, mantan Menteri Kesehatan dan ketua tim studi. Ditemukan bahwa harapan hidup masyarakat Indonesia meningkat sebanyak 8 tahun. Dalam penelitian yang dilakkan dari 1990 sampai 2016 itu, disebut harapan hidup perempuan lebih tinggi dibanding laki-laki.




    “Hasil ini kita dapatkan setelah membandingkan 7 negara, yakni Filipina, Vietnam, Malaysia, Thailand, Turki, India, dan Brazil. Hasilnya, harapan hidup Turki meningkat 9 tahun, Indonesia 8 tahun, India 9.6 tahun,” dr. Nafsiah Mboi, SpA, MPH, dalam temu media, di kawasan Sudirman, Jakarta, Jumat 29 Juni 2018.


    Ia menambahkan bahwa peningkatan itu karena ibu hamil bisa menjaga kehamilannya, fase neonatal yang dilewati bayi dengan baik dan penyakit gizi yang menurun. “Dengan ini, usia harapan hidup masyarakat Indonesia bertambah dari usia 63 menjadi 71 tahun,” ungkapnya. 


    Adapun dalam penelitian diterbitkan dalam The Lancet, tahun 2025 akan terjadi peningkatan lansia sebanyak 12 persen dan pada tahun 2035 sebesar 16 persen. Meski begitu, makin bertambah usia seseorang, makin banyak penyakit dan cedera yang menyerang. Oleh karenanya, pencegahan mulai dari kandungan, bayi dan prilaku hidup sehat harus dilakukan sejak anak-anak.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below