10 Fakta Menarik Jakarta Yang Perlu Kamu Ketahui


  • 10 Fakta Menarik Jakarta Yang Perlu Kamu Ketahui
    (Foto: @740aerialvideography/Instagram)

    Hari ini Jakarta berulang tahun yang ke-491 tahun. Jika kamu tinggal di Jakarta, tak ada salahnya untuk merayakan kota hari ulang tahun sang ibukota. 

    Ada banyak acara yang diadakan dalam rangka merayakan ulang tahun Jakarta yang ke-491. Pemerintahan provinsi DKI Jakarta pun telah menyiapkan rangkaian acara seru di acara tahunan Jakarta Fair, mulai dari pemilihan Miss Jakarta Fair hingga pesta kembang api dan nobar Piala Dunia Sepak Bola 2018.

    (Baca juga artikel: 7 Tempat Wisata Paling Hits Di Jakarta Saat Ini)



    Apabila kamu hendak merayakannya bersama para sahabat nanti, ketahui 10 fakta unik tentang Jakarta untuk membuka pembicaraan berikut ini.

    1. Jakarta memiliki 10 kota kembar di Asia, yaitu Tokyo (Jepang), Shanghai (Cina), Beijing (Cina), Seoul (Korea Selatan), Pyongyang (Korea Utara), Bangkok (Thailand), Hanoi (Vietnam), Bandar Seri Begawan (Brunei Darussalam), Jeddah (Arab Saudi), dan Islamabad (Pakistan).

    2. Sebelum resmi dinamakan sebagai Jakarta, ada empat nama yang pernah digunakan untuk menamakan kawasan ini, yaitu Sunda Kelapa (397-1527), Jayakarta (1527-1619), Batavia (1619-1942), dan Djakarta (1942-1945). 

    3. Jakarta sering disebut sebagai "The Big Durian" oleh para warga negara asing, karena dianggap sebagai New York-nya Indonesia. New York sendiri memiliki julukan "The Big Apple" di Amerika Serikat.

    4. Jakarta sering dilanda banjir karena memang terletak di dataran rendah yang memiliki ketinggian rata-rata delapan meter dari permukaan laut, dan sebelah selatan Jakarta merupakan daerah pegunangan yang memiliki tingkat curah hujan tinggi.

    5. Meskipun bernama Kepulauan Seribu, gugusan kepulauan ini hanya memiliki jumlah sekitar 342 pulau saja. 

    6. Jakarta berhasil menduduki peringkat nomor delapan dan menjadi satu-satunya kota di Asia yang paling sering diunggah ke Instagram pada tahun .

    7. Untuk memfasilitasi warganya yang penuh dengan kreativitas, Jakarta memiliki Jakarta Creative Hub. Di sini, kamu juga bisa mengikuti berbagai macam kelas dan workshop secara cuma-cuma.

    8. Meskipun sudah memiliki banyak gedung pencakar langit, Jakarta juga masih mempunyai hutan penuh dengan pepohonan hijau untuk warganya yang ingin menghilangkan penat, seperti Hutan Kota Srengseng, Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk, Hutan Kota Cijantung, dan Hutan Kota Kemayoran.

    9. Pasar Tanah Abang yang telah berdiri sejak tahun 1735 pernah menjadi pasar terbesar di dunia, dan masih menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

    10. Jalan Surabaya di Menteng menjadi destinasi penjualan barang antik pernah didatangi oleh penyanyi terkenal Katy Perry untuk mencari piringan hitam.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below