Menekuk Kaki Usai Olahraga Bikin Varises, Benarkah?


  • Menekuk Kaki Usai Olahraga Bikin Varises, Benarkah?
    Menekuk kaki setelah berolahraga bikin varises, benarkah?, (Foto: Freepik)

    TANYA:


    Halo, Dok. Perkenalkan, saya Tika. Ibu dari dua anak. Saya ingin bertanya: belakangan saya lagi suka olahraga, khususnya olahraga lari. Setelah berlari kaki saya suka saya tekuk. Kemudian teman saya menegur saya karena katanya menekuk kaki setelah berolahraga bisa bikin varises.




    Dia mencontohkan temannya dulu yang punya kebiasaan menekuk kakinya setelah berolahraga dan sekarang kakinya varises-an. Nah, saya pun penasaran, "apakah memang menekuk kaki setelah berolahraga bikin varises?"


    Dita (36 tahun), Cilacap



    JAWAB:


    Halo mba Dita.


    Sebelum saya menjawab, izinkan saya menjelaskan apa itu varises dulu. Agar nanti bisa memahami jawaban saya.


    Terjadinya varises itu karena pelebaran vena dimana darah turun dari jantung ke kaki tapi saat balik lagi ke jantung terhambat atau macet di kaki. Alhasil, aliran darah itu membuat pembuluh darah Vena melebar.


    Tandanya apa kalau seorang sudah mengalami varises? Muncul pembuluh darah warna di sepanjang kaki. 


    Dan saat berolahraga sendiri mengapa perlu diselonjorkan itu bukan karena bisa membuat varises datang. Itu fase pendinginan agar kau tidak mengalami ke atau nyeri setelah berolahraga.


    Jadi, tidak berhubungan secara lurus atau langsung. Malah pemakaian sepatu high heels berlebihan yang bisa membuat kaki jadi varises.


    Demikian jawaban saya. Semoga bisa menjawab.


    Dijawab oleh dr. Dimas R. Boedijono, Sp. OT (K) – Dokter Spesialis Bedah Ortopedi dan Konsultan Foot & Ankle RS Pondok Indah – Bintaro Jay



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below