'Balas Dendam' Saat Sahur dan Buka Puasa? No Way!


  • 'Balas Dendam' Saat Sahur dan Buka Puasa? No Way!
    Image by Freepik

    Bukan hal mudah untuk menahan lapar dan dahaga selama kurang lebih 12 jam. Walau terkadang sulit bagi sebagian orang, namun tahukah Anda jika puasa punya banyak manfaat bagi tubuh jika dilakukan dengan benar dan didukung oleh gaya hidup yang sehat pula?


    Banyak yang beranggapan jika puasa akan menyebabkan berbagai ganguan pada organ pencernaan hingga jantung. Faktanya, puasa saat bulan Ramadan tidak mempengaruhi secara drastis metabolisme lemak, karbohidrat dan protein. Meskipun terjadi peningkatan serum ureia dan asam urat yang sering terjadi saat dehidrasi ringan selama puasa. Puasa di bulan Ramadan dapat membantu memperbaiki kondisi radang sendi, radang usus besar dan penyakit kulit seperti eksim serta psoriasis secara alami, menakjubkan bukan?




    Berbagai penelitian pun menunjukkan risiko terserang penyakit jantung menjadi 58 % lebih rendah ketika Anda berpuasa. Selain itu, berpuasa mampu mengurangi resistensi insulin yang merupakan salah satu pemicu diabetes.


    Meski beberapa penyakit kerap menjadi momok ketika berpuasa, namun Anda bisa membentengi diri dengan banyak cara, lho. Dimulai dari saat sahur hingga berbuka puasa. Jangan sekali-kali 'balas dendam', misalnya mengabaikan asupan makanan ketika buka puasa, baik itu makan berlemak maupun makan yang mengandung garam berlebih yang dapat memicu kolesterol maupun diabetes.


    Mulailah menjaga makanan yang Anda konsumsi, seperti hindari makanan yang mengandung gas dan fosfat yang banyak ditemukan pada sayur sawi, ubi, brokoli, kol, pisang, juga makanan berlemak, terutama ketika santap sahur.


    Berikutnya, atur porsi minum air mineral sebanyak delapan gelas sehari yang dibagi menjadi dua gelas saat berbuka puasa, empat gelas di malam hari dan dua gelas saat sahur untuk menghindari dehidrasi dan terjadinya perut kembung selama menjalankan ibadah puasa.


    Lebih baik, konsumsi buah seperti stroberi yang dapat menekan gas di dalam perut lebih lama. Selebihnya, tetap rutin berolahraga, seperti jogging, bersepeda maupun renang sembari menunggu jadwal berbuka puasa. 


    Untuk selalu jaga kesehatan selama berpuasa, kali ini bersama Combiphar ingin mengajak Anda bergabung dalam “Tanya Dokter” bersama dr. Carlinda Nekawaty. Anda bisa tanya apa saja seputar kesehatan selama berpuasa, mulai dari kesehatan pencernaan, hingga dampak positif puasa bagi tubuh. 



    Tak hanya itu, ada hadiah voucher belanja MAP senilai masing-masing Rp. 500.000 untuk 5 pertanyaan terbaik. Tunggu apalagi kunjungi sekarang juga di http://www.cosmopolitan.co.id/healthylifestyle atau klik di sini! (Bung Bung/ SW / Image: Dok. by Freepik.com)









 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below