Asam Urat & Dengkul Sakit, Apa Obat Alaminya?


  • Asam Urat & Dengkul Sakit, Apa Obat Alaminya?
    Asam Urat & Dengkul Sakit, Apa Obat Alaminya?, (Foto: freepik)

    ASAM urat atau dengkul sakit merupakan nyeri yang bisa menggangu aktivitas harian kamu. Bahkan bisa bikin kamu berhenti beraktivitas karena rasa nyerinya membuat sulit jalan. Untuk menurunkan risiko itu, kamu bisa mengonsumsi makanan yang bisa meredakan nyeri sendi.


    Ya, pasalnya asam urat dan dengkul sakit, sama-sama disebabkan nyeri pada bagian persendian. Perbedaannya hanya terletak pada lokasinya saja. Asam urat umumnya muncul di bagian bawah kaki, dan dengkul sakit di persendian bagian bawah tempurung lutut atau di persendiannya.




    Kami sendiri sudah berkonsultasi dengan spesialis bedah saraf dan pakar nyeri Klinik Nyeri Tulang Belakang Jakarta, dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS, mengenai makanan yang bisa dikonsumsi untuk mencegah atau meredakan nyeri saat asam urat atau dengkul sakit.


    Mau tahu apa saja? Berikut ulasan menariknya.


    Wortel

    Kandungan vitamin A dan beta karoten yang terkandung dalam si oranye wortel diyakini ampuh melawan peradangan. Kandungan ini akan semakin meningkat apabila dimasak. Karenanya, usahakan selalu menyertakan wortel dalam olahan makanan kamu, terutama saat nyeri sendi melanda. 


    Jahe

    Kamu dapat juga mengonsumsi jahe dan mendapatkan manfaat dari aspirin dan ibuprofen yang terkandung di dalamnya untuk anti-inflamasi. Tapi, ingat, secukupnya saja ya. Karena jika terlalu banyak, jahe dapat menyebabkan pengenceran darah. Efeknya bisa berbahaya jika kamu sedang meminum obat-obatan tertentu.


    Minyak Zaitun

    Minyak zaitun dapat meredakan nyeri sendi karena mengandung senyawa ibuprofen. Senyawa ibuprofen biasa dikonsumsi sebagai obat antinyeri. Jadi, kamu bisa membawa botol minyak zaitun kemana kamu pergi. Tujuannya untuk mengambil langkah preventif.


    Ceri

    Sebuah studi oleh para peneliti dari Michigan State University menunjukkan bahwa ceri tart adalah sumber anthocyanin yang baik. Anthocyanin memiliki efek anti-inflamasi yang lebih kuat dari aspirin. Kamu bisa menemukannya di pasar dan mendapatkan yang segar. karena makin segar, makin padat nutrisi.


    Sitrus

    Seperti yang kamu sudah ketahui, antioksidan yang terdapat dalam buah-buahan sangat ampuh untuk meredakan peradangan. Kamu bisa mengonsumsi buah jeruk, jeruk keprok, dan lemon yang mengandung vitamin c dan antioksidan yang tinggi untuk meredakan nyeri sendimu. 


    Biji-bijian

    Diet kaya biji-bijian bisa membantu pengendalian berat badan, yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan gejala nyeri sendi. Sementara asupan ideal instan dari biji-bijian bisa kamu temukan di oatmeal. Oleh karenanya, tak ada salahnya mulai sekarang kamu selalu stock oatmeal di rumah -- demi persendian bebas asam urat atau dengkul sakit.


    Beri

    Semua jenis buah berry (blueberry, raspberry, stroberi, blackberry, atau huckleberries) padat senyawa antioksidan – seperti kelompok buah sitrus, yang mampu melawan peradangan dan kerusakan sel. Untuk itu, kamu bisa mengandalkan aneka buah berry untuk membantu mencegah atau meredakan asam urat atau dengkul sakit.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below