Suka Minum Es Pas Buka Puasa? Awas, Kena Penyakit Ini!


  • Suka Minum Es Pas Buka Puasa? Awas, Kena Penyakit Ini!
    es teh manis, (Foto: freepik)

    BANYAK orang beranggapan bahwa minum air es saat berbuka puasa bisa memuaskan dahaga mereka. Tapi, nyatanya anggapan itu keliru.


    Nggak percaya?




    Ya, Ketua Departemen Ilmu Gizi RSCM FKUI, dr. Fiastuti Witjaksono, SpGK, minum air es saat berbuka --  apakah itu teh manis, es campur, atau es buah --  tidak akan membuat dahaga karena puasa hilang. Justru hal itu memicu terjadinya infeksi tenggorokan.


    “Hal itu bisa terjadi karena tenggorokan saat berbuka sedang kering, dan minum minuman dingin meningkatkan risiko infeksi tenggorokan,” katanya dalam media gathering “Jaga Kesehatan Saat Puasa dengan Menghindari Makanan Pemicu Sakit Tenggorok dan Biasakan Gargle, belum lama ini.


    Menurut dokter Fiastuti, sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh virus, bakteri atau campuran kedua hal itu. Tetapi, 85 % sakit tenggorkan disebabkan karena virus.


    “Untuk itu, pilihlah minuman yang membantu cairan tubuh, dan sesuai dengan suhu tubuh. Sebab, hal itu membantu kami agar tidak mudah terkena infeksi,” pungkas dokter Fias.


    Bila kamu tenggorokanmu mulai merasa panas atau batuk diikuti rasa sakit, itu merupakan tanda bahwa kamu sudah mengalami sakit tenggorokan. So, bijak-bijak ya ladies saat berbuka.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below