Berat Badan Turun Drastis Saat Puasa Ramadan, Caranya?



  • BAGI sebagian wanita, puasa ramadan bukan saja mengasah emosi mereka agar jadi pribadi lebih baik. Tapi,  puasa yang mendorong keteraturan dan mengonsumi makanan sehat, juga membantu membuang banyak lemak dalam tubuh.


    Hal itu terjadi karena frekuensi makan kita jadi sedikit yang tadinya tiga kali sehari menjadi dua kali sehari, yakni saat sahur dan berbuka. Inilah yang sangat memengaruhi orang yang menjalani puasa ramadan berat badannya turun.




    Terlebih, bila kamu bisa menjalani gaya hidup sehat, pengaruh untuk terjadi berat badan makin progresif alias drastis.


    Mau mendapatkan hal itu juga, ladies? Berikut cara lengkapnya.


    Pelajari kekuatan insulin

    Respon insulin adalah tentang bagaimana tubuh kamu menyerap dan merespon karbohidrat. Inilah kunci utama mengikis lemak. Bagaimana caranya? Mudah, kamu hanya perlu menurunkan gula dan asupan karbohidrat untuk mendorong tubuh kamu membakar lemak yang tersimpan.


    Selain itu, hindari mengonsumsi minuman bersoda dan anek minuman bergula (seperti teh manis). Sebab, banyak orang penurunan mereka sulit terhambat karena masih mengonsumsi dua jenis minuman itu. Padahal jumlah kalorinya sangat besar.


    Cukup asupan zat besi

    Zat besi dapat membuka jalan agar oksigen masuk ke sel-sel dalam tubuh kamu. Jika proses ini terganggu, energi dan metabolisme kamu juga melambat. Tapi, jangan berlebihan mengonsumsi suplemen zat besi, karena dapat menimbulkan kerusakan hati. Untuk mendapatkan zat besi yang banyak, kamu bisa mengonsumsi makanan kaya zat besi, seperti kerang, daging tanpa lemak, kacang-kacangan dan bayam.


    Jangan jadi korban rasa

    Bumbu yang salah dalam sebuah makanan dapat menambah 100 kalori atau lebih ke dalam makanan sehat. Jadi, jangan hanya karena mengutamakan rasa, kamu jadi harus menambahkan bumbu yang membuat usaha membakar lemakmu gagal. Hindari aneka makanan gorengan, ladies!


    Kuasai kuda-kuda squat

    Latihan ini dapat membuat kamu lebih kuat dalam segala hal, plus mengikis lemak lebih efektif dari latihan apa pun yang dapat kamu lakukan di gym. Itu karena target area dari squat mencakup quadriceps, paha belakang, dan pantat. 


    Coba hal baru

    Olahraga adalah bagian yang penting dalam usaha merontokkan lemak kamu. Jadi, usahakan jangan berhenti melakukan olahraga. Nah, untuk menghindari kamu dari kejenuhan dengan gaya olahraga yang itu itu saja, cobalah olahraga baru yang belum pernah kamu lakukan.


    Bergabung di klub olahraga atau bersepeda lintas alam misalnya. Hal baru ini akan meningkatkan semangatmu sehingga lebih aktif saat berolahraga. Selain itu, bertemu dengan teman baru akan membuat olahragamu lebih menyenangkan dibandingkan melakukannya sendiri.


    Tidur cukup

    Usahakan setiap hari kamu memiliki waktu tidur yang cukup—sebaiknya 8-9 jam. Karena jika tubuhmu kelelahan, metabolisme tubuh akan melambat dan proses pembakaran lemak tidak dapat berlangsung secara optimal karena tidak ada energi yang bisa digunakan.


    Sebuah studi dari Stanford University School of Medicine tahun 2004 menunjukkan bahwa orang yang tidur kurang dari delapan jam memiliki indeks massa tubuh lebih tinggi dan hormon pemicu nafsu makan lebih banyak. 


    Sabar

    Setelah lemak kamu berkurang, jangan lupa kalau lemak bisa datang lagi setiap waktu. Jadi, kamu harus sabar karena ini adalah latihan dan usaha jangka panjang. Selain itu, pola hidupmu juga harus selalu kamu jaga dengan baik.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below