5 Tips Simpan Makanan di Lemari Es Agar Tetap Segar


  • 5 Tips Simpan Makanan di Lemari Es Agar Tetap Segar
    (Foto: Freepik)

    PUASA ramadan merupakan momen yang ditunggu umat muslim. Tapi sisi lain dari bulan ramadan yang kurang mengenakkan dari bulan puasa Ramadan, barang pokok mendadak naik harganya. Alhasil, pengeluaran bulanan menjadi 'membengkak'.


    Agar pengeluaran tak 'membengkak', biasanya wanita menyiasati dengan meng-stock bahan makanan sebelum bulan ramadan, khususnya makanan daging seperti ayam, ikan, nugget dan telor.




    Siapa yang juga merasakan ini, ayo ngaku? Sialnya, problem itu kadang tak berhenti disitu. Ya, bila kita tak punya kulkas yang mendukung dalam menjaga kesegaran sayur dan bahan pokok yang kita beli. Alih-alih inginnya irit, justru bahan makanan yang kita beli membusuk atau kalaupun masih bisa dimakan, rasanya jadi tidak enak.


    Akan tetapi, munculnya permasalahan itu terkadang karena seseorang tak bisa memaksimalkan tata letak makanannya di lemari es agar tetap segar. Tetapi, kami yakin sebagai wanita pintar kamu sudah mengetahui caranya.


    Di bawah ini kami memberikan lima tips simpel mengolola makanan di lemas es, sekedar jadi pengingat bila kamu lupa. Yuk, baca sampai habis, ya...


    1. Pastikan bahan makanan basah seperti daging dan ikan, ataupun buah-buahan dan sayuran dibeli dalam kondisi terbaik. Buah-buahan yang sudah dikupas dapat disimpan dalam kontainer atau plastik bersegel kedap udara. Fungsinya agar terjaga kesegaran makanan kita dan dapat dikonsumsi saat sahur ataupun berbuka puasa.


    2. Saat bulan puasa kita kerap kali mengkonsumsi makanan instan sebagai pilihan praktis. Pindahkan sisa makanan kaleng seperti kornet sapi atau sarden ke wadah tertutup karena udara yang masuk pada kaleng yang terbuka bisa merusak makanan.


    3. Pastikan bahan makanan yang akan segera disajikan disimpan menggunakan wadah tertutup dan dapat diletakkan pada kompartemen chiller agar dapat segera diolah atau dikonsumsi.


    4. Simpan bahan makanan sesuai dengan jenis dan masa penggunaannya, bila kulkas kamu memiliki fitur Smart Conversion, selamat! kamu bisa menjaga kesegaran makananmu. Tersebab, fitur itu memberikan fleksibilitas lebih dalam mengelola penyimpanan makanan sesuai kebutuhan.


    Mode kapasitas besar memudahkan kita menyimpan makanan dingin tetap segar tanpa khawatir kehabisan ruang chiller untuk menyimpan es buah ataupun kolak kesukaan keluarga. 


    5. Jaga agar bau tidak tercampur, pisahkan dengan seksama makanan yang dapat menimbulkan bau. Proses ini cukup menantang, namun ini harus dilakukan agar rasa makanan tetap terjaga.