Memasuki Dunia Yayoi Kusama Di Museum Macan


  • Memasuki Dunia Yayoi Kusama Di Museum Macan
    (Foto: Dok. Herworld Indonesia)

    Keunikan karya seniman Yayoi Kusama berhasil memikat hati banyak orang dari berbagai belahan dunia. Setelah Singapura dan Australia di dunia, kini giliran Indonesia yang menjadi tuan rumah terakhir dari pameran seni internasional bertajuk "Life is the Heart of a Rainbow".

    Ekshibisi yang berlangsung di Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (Museum MACAN) ini menghadirkan lebih dari 130 karya seniman asal Jepang tersebut dalam kariernya yang telah berlangsung hampir tujuh dekade.




    "Mengunjungi pameran Yayoi Kusama adalah sebuah pengalaman yang luar biasa. Pengunjung dapat mengakses dunia, metode, ide, dan inspirasi sang seniman. Singkatnya, pengunjung diajak untuk mengalami langsung Yayoi Kusama sebagai ebuah fenomena seni," ungkap Aaron Seeto selaku Direktur Museum MACAN. 

    Yang membuatnya lebih spesial daripada pameran Yayoi Kusama yang diadakan di National Gallery Singapore dan Queensland Art Gallery adalah kehadiran karya yang tidak ditampilkan di kedua lokasi tersebut serta akuisisi baru Museum MACAN.

    Mulai dari lukisan jaring Infinity Nets, instalasi bola raksasa Narcissus Garden, lukisan dan instalasi labu Great Gigantic Pumpkin, serta instalasi dalam ruangan yang dipenuhi dengan lampu warna-warni yang telah menjadi salah satu tempat foto paling hits di kalangan Millennials, Infinity Mirrored Room - Brilliance of the Souls.

    Ada juga The Obliteration Room, yakni instalasi seni interaktif di mana para pengunjung bisa menempel stiker berbentuk lingkaran warna-warni khas Yayoi Kusama, yang telah ditampilkan di lebih dari 20 lokasi di 15 negara.


    Untuk memudahkan para pengunjung mengetahui kisah dari setiap karya seni yang dibuat oleh wanita kelahiran tahun 1929 tersebut, Museum MACAN menyediakan katalog dalam bahasa Inggris maupun Indonesia. 

    Pameran Yayoi Kusama: Life is the Heart of a Rainbow dibuka untuk umum dalam jangka waktu yang cukup lama, mulai tanggal 12 Mei hingga 9 September 2018. Pameran ini cocok bagi kamu yang ingin mengisi liburan musim panas dengan nuansa berbeda tahun ini.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below