Sebentar Lagi Puasa, Ini Kiat Agar Kamu Tetap Produktif



  • BULAN Ramadan sebentar lagi datang. Apa yang kamu sudah siapkan, ladies? Banyak wanita berharap bisa menjalani puasa dengan khusyuk dan tetap produktif. Tapi, pola makan mereka justru membuat ibadah mereka terganggu.


    Ah, semoga kamu bukanlah salah satu diantaranya ya ladies. Ya, karena asal mengonsumsi makanan saat puasa, khususnya saat berbuka puasa, bisa membuat perut bermasalah. Contohnya, mengonsumi goreng-gorengan dan asupan manis – seperti kolak. Menurut spesialis gizi dr. Jovita Amelia, M.Sc, Sp.GK dari RS. Ciputra, hal itu bisa meningkatkan keluhan di lambung hingga bikin perut tidak nyaman, seperti sakit perut, mulas atau kembung.




    Selain itu, jangan pernah melewatkan sahur. Karena tubuh butuh 'modal' energi untuk beraktivitas. Kalau seseorang tidak sahur, tubuh kekurangan energi sehingga membuat tubuh mengalami dehidrasi dan menyebabkan hilangnya konsentrasi


    Oleh karenanya, penting untuk kamu menyempatkan sahur setiap hari di bulan puasa nanti. Makanan yang kamu makan sendiri sebaiknya makanan yang bisa menahan rasa lapar dalam waktu lama, yakni karbohidrat, protein dan ‘lemak baik’.


    “Jenis karbohidratnya harus karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, roti gandum, pisang atau ubi. Kalau kamu makannya jenis karbohidrat itu, pelepasan energi terjadi perlahan-lahan karena tubuh butuh lama untuk mengolahnya. Alhasil, kamu tidak gampang merasa lapar dan terus berenergi.


    Kalau karbohidrat yang simpleks, seperti nasi putih, kentang goreng atau makanan manis, tubuh cepat mengolahnya jadi energi. Sehingga membuat kamu jadi gampang lapar,” terangnya dalam acara yang bertema Halodoc Luncurkan Program #Puasa Sehat, di The Hook Restaurant, di Blok S, Kebayoran Baru, Jakarta, baru-baru ini.


    Jovita juga menambahkan bahwa usahakan untuk menghindri atau mengurangi mengonsumsi makanan goreng-gorengan – seperti bakwan – karena minyak memperlambat pengosongan lambung. Akibatnya, asam lambung naik, hingga bisa menimbulkan perut yang tidak nyaman sampai rasa panas di tenggorokan.


    “Asupan kafein dan minuman bersoda juga sebaiknya dihindari, karena bisa meningkatkan asam lambung. Kalau mau minum kafein, lebih baik setelah buka puasa di mana perut kamu sudah terisi. Itu juga tidak dalam jumlah banyak. Jika kebanyakan, saat sholat terawih pasti perut jadi kembung, sakit atau mulas,” terang Jovita.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below