Tubuh Bugar Selama Puasa Ramadan, Begini Caranya!


  • Tubuh Bugar Selama Puasa Ramadan, Begini Caranya!
    Ilustrasi wanita yang sedang menjalani puasa dan menunggu jam berbuka, (foto: Freepik)

    PUASA ramadan membuat pola makan seseorang berubah. Di mana dari tiga kali menjadi dua kali sehari : saat sahur dan berbuka. Kondisi ini sering membuat seseorang mengira bahwa dirinya makan lebih sedikit dari biasanya. 


    Alhasil, ia cenderung menyantap porsi makan yang banyak saat berbuka puasa. Padahal kebutuhan kalori harian tubuh saat berpuasa, tetap sama saat tidak berpuasa -- agar seseorang bisa tetap bugar dan produktif.




    Seperti apa cara memenuhi kebutuhan kalori, setiap orang punya kebutuhan kalori berbeda – tergantung aktivitas, jenis kelamin, dan berat badan seseorang. Namun, pada umumnya, kebutuhan kalori orang dewasa berkisar antara 1.500 2.500 kkal setiap hari. 


    "Jadi, kamu harus perlu tahu kebutuhan kalori harian dulu, agar bisa menjalani aktivitas puasa dengan tubuh fit dan produktif. Jadi kamu tidak menambahkan asupan kalori atau mengurainya. Karena itu tidak dianjurkan. Mengapa? Ini agar kamu terhindar dari permasalahan kesehatan,” ujar dr. Jovita Amelia, M.Sc, Sp.GK, dokter spesialis gizi klinik, dalam acara yang bertema Halodoc Luncurkan Program #Puasa Sehat, di The Hook Restaurant, di Blok S, Kebayoran Baru, Jakarta, Jumat (4/5/2018)


    Selain itu, agar seseorang bisa fit dan produktif selama puasa Ramada dokter Jovita memberikan lima tips dalam memilih makanan dan minuman. Apa saja itu? Berikut penjelasannya.


    1) Hindari konsumsi kafein serta makanan dan minuman manis secara berlebihan.


    2) Untuk pemenuhan kebutuhan energi, pilih karbohidrat kompleks dari makanan berbahan gandum, buah buahan seperti pisang serta umbi-umbian.


    3) Untuk mencegah begah hindari konsumsi gorengan dan santan berlebih saat berbuka.


    4) Untuk mencegah konstipasi penuhi kebutuhan serat harian dari sayur sayuran.


    5) Untuk menghindari dehidrasi saat berpuasa penuhi kebutuhan cairan minimum delapan gelas dua gelas saat sahur dan berbuka, dua gelas setelah makan malam, dua gelas sebelum tidur;


    Kurang puas dengan penjelasan di atas? Tenang saja, ladies. Silahkan pantengin terus www.herworld.co.id sampai dua minggu ke depan. Karena topik tematik mingguan kami mengupas tentang Bugar Selama Puasa Ramadhan dan serba-serbinya. 


    Nanti di sana akan dijelaskan secara komprehensif mengenai pola makan dan aktivitas fisik selama Ramadan, apa saja menu makan terbaik untuk berbuka atau sahur dan cara membuatnya. bagaimana cara berpuasa buat kamu yang punya penyakit kronis – semisal diabetes


    Kemudian cara mengajarkan anak puasa dan do and dont’s-nya. Bahkan kami juga bakal membahas seputar fesyen yang membantu daya tahan tubuh hingga kamu tetap aktif selama bulan puasa.


    Gimana menarik,kan? So, dont miss it ladies



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below