Mau Berolahraga yang Ringan-ringan? Jalan Sehat Saja


  • Mau Berolahraga yang Ringan-ringan? Jalan Sehat Saja
    jalan sehat, (Foto:Freepik)

    Banyak wanita yang membutuhkan olahraga, tetapi enggan untuk berolahraga. Hal ini disebabkan mereka yang sudah memiliki prioritas hidup seperti anak dan suami, atau pekerjaan, sehingga yang ada diotaknya itu ia ingin berolahragai tapi tak ingin olahraga yang berat-berat. Solusi dari kondisi itu¬łkamu bisa melakukan jalan sehat.


    Ya,menurut dr. Michael Triangto, Sp.KO, dokter spesialis dokter olahraga Slim + Health Sports Therapy dan penulis buku Jalan Sehat dengan Sports Therapy, jalan sehat sudah cukup membuat tubuh kamu melakukan suatu olahraga yang bisa menjaga kesehatan dan meningkatkan stamina.



    Tak hanya sebatas itu, masih banyak manfaat dari jalan sehat, berikut ulasan menariknya sebagaimana penjelasan dokter Triangto.

    1. Murah

    Mengenai hal ini, kami yakin kamu sudah tahu kan ya, ladies. Kamu tak perlu membeli peralatan mahal atau menyediakan ruang yang luas untuk penyimpanan alat. Cukup dengan berjalan kaki saja, dan kamu sudah bisa mendapatkan tubuh yang sehat. Jalan sehat juga bisa dilakukan di mana saja tanpa harus mengeluarkan sejumlah uang untuk jadi anggota kelab kebugaran atau senam. 


    2. Aman

    Tak seperti olahraga lain yang membuat kemungkinan cedera lebih besar, jalan sehat lebih aman untuk dilakukan. Jalan sehat dapat dilakukan dengan mudah bagi orang yang memiliki keseimbangan tubuh yang baik.

    Namun, pada kaum manula atau penderita sakit berat yang mengalami kelemahan otot sehingga keseimbangan tubuhnya terganggu, olahraga ini akan sedikit sulit dan berisiko untuk dilakukan.


    Oleh karenanya, kelompok ini sebaiknya dilatih terlebih dahulu dalam posisi yang lebih aman, seperti duduk atau pun berbaring sampai memiliki kekuatan otot yang lebih baik dan keseimbangan tubuhnya pun stabil. Lain halnya dengan orang yang sudah tidak mampu melakukan jalan kaki dengan baik, ini menandakan ada masalah serius pada kesehatannya yang mengharuskan dia tidak boleh melakukan aktivitas berat, termasuk berjalan kaki.


    3.. Hemat waktu

    Berolahraga dengan melakukan jalan sehat dapat menghemat waktu. Sehingga kamu bisa melakukan kesibukan kamu sambil tubuh tetap bisa mendapatkan manfaat dari olahraga. Kenapa? Karena jalan sehat cukup kamu lakukan 30 menit saja selama 3-5 kali seminggu.

    Dan olahraga ini juga dapat kamu lakukan di tempat makan siang kamu dengan cara mengelilingi lokasi selama 30 menit. Ini sama nilainya dengan melakukan olahraga di pagi atau pun sore hari. Atau kamu juga bisa mendapatkan manfaat jalan sehat ini ketika sedang berkeliling di super market. Nilai plus-nya, kamu bisa mendapatkan tubuh sehat sekaligus menuntaskan hobi.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below