Kenali Vaginitis Yuk, Infeksi yang Terjadi di Miss V


  • Kenali Vaginitis Yuk, Infeksi yang Terjadi di Miss V
    Foto: Freepik

    VAGINA ialah area yang sangat sensitif dan wajib dijaga wanita -- sebersih mungkin. Sedikit saja kotor, bisa memicu ketidakseimbangan pH pada Miss V dan menyebabkan vaginitis.


    Apa itu vaginitis ? Ini ialah infeksi yang terjadi pada vagina dalam wujud keputihan. Data menunjukan bahwa 7 dari 10 wanita pernah mengalami keputihan karena area kewanitaan yang tidak terjaga kebersihannya, dan 5 % mengalami infeksi berulang. Apa dampaknya? Kondisi ini bisa membuat kamu tidak nyaman beraktivitas, tidak percaya diri sampai aktivitas seksual jadi terganggu.




    Akan tetapi, menurut dr. Mery Sulastri, Educator & Trainer Mundipharma Indonesia, banyak yang kalau punya keluhan keputihan, para wanita mengira satu jenis saja. Iyaudah keputihan tok. Padahal keputihan ada tiga jenisnya, yakni jamur, trikomonas, dan bakteri. Dan tiga jenis sumber keputihan memunculkan keluhan yang berbeda, dan berbeda pula cara mengatasinya.


    Apakah kamu sudah tahu jenis-jenis keputihan, ladies? Bila belum, berikut penjelasan lengkapnya dari dokter Merry.


    Keputihan akibat bakteri

    Keputihan karena bakteri biasanya muncul bau amis dan muncul bau tak sedap. Jika di bawa ke aktivitas seksual akan memunculkan rasa nyeri.


    Keputihan akibat jamur

    Ini hal yang sudah umum dirasakan wanita. Ciri keputihan yang diakibatkan jamur ialah warna putih susu, kental, dan disertai dengan gatal yang dominan. Jenis keputihan ini biasanya muncul karena wanita kurang menjaga kebersihan Miss V-nya.


    Keputihan akibat trikomonas

    Trikomoniasis ialah penyakit menular seksual yang muncul karena paparan bernama Trichomonas vaginalis. 70 % penderita tidak muncul gejala apapun. Dan yang khas dari keputihan trikomonas itu warna keputihan kuning kehijauan.


    Keputihan apa yang paling banyak wanita alami? Keputihan akibat bakteri, kata dokter Merry. Hal itu bisa terjadi karena area kelembapan di area yang tinggi. 


    “Biasanya, saat sedang haid tuh. Kan gampang banget lembap area Miss V. Efeknya, bikin muncul bau yang tak sedap,” terangnya dalam acara Grand Launch Betadine Feminine Wash, di The Ritz-Carlton Pacific Place, Jakarta, Selasa (24/4/2018)


    Nah, kalau kamu lebih sering mengalami keputihan yang mana, ladies?



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below