Ladies, Ini 6 Tanda Kamu Sudah Alami Mata Kering


  • Ladies, Ini 6 Tanda Kamu Sudah Alami Mata Kering
    Foto: Freepik

    DRY eye atau mata kering adalah suatu kelaianan multifactorial pada lapisan air mata (tear film) yang membuat seseorang tidak nyaman beraktivitas. Ya, pada awalnya mata kering terkesan gangguan ringan yang penderitanya merasa cukup bisa mengatasinya dengan obat tetes mata. 


    Namun, lambat laun mata kering bisa menimbulkan seseorang ketergantungan pada obat tetes mata, bahkan sampai menurunkan kualitas hidup.



    Menyoal siapa yang paling berisiko, wanita lebih berisiko mengalami masalah kesehatan ini ketimbang pria. Hal itu bisa terjadi faktor hormon yang dialami wanita. Dijelaskan Dr. Nina Asrini Noor, SpM, dokter spesialis mata RS Mata JEC, itu karena kadar estrogen yang menurun dan tingkat androgen yang semakin rendah memberi pengaruh pada keseimbangan produksi air mata.


    Lantas, apa saja tanda orang sudah mengalami masalah mata kering ini? Tenang, kami sudah berkonsultasi dengan dokter Nina, dan berikut 6 tandanya – yang biasa dialami banyak orang.


    Mata gampang merah

    “Ya, bila setiap aktivitas sehari-hari mata kamu gampang sekali mengalami merah, jangan anggap enteng saja. Itu tanda bahwa kamu sudah mengalami mata kering. Apakah itu setelah mengendarai motor, saat menggunakan laptop atau ponsel pintar, dan hal kegiatan yang sebenarnya simpel,” kata dokter  


    Gampang berair

    Dijelaskan dokter Nina, hal ini bisa terjadi karena komposisi di dalam mata tidak seimbang. Sehingga komponen lain di dalam mata mengimbanginya dengan produksi lebih banyak. Jadi, mata gampang berarir.


    Sensasi kering

    Selain bisa terlihat di mata, sensasi kering ini bisa menimbulkan rasa perih. Jadi, bila kamu merasakan saat berkegiatan, katakanlah bekerja di depan laptop, mata terasa perih cobalah untuk mengaca. Adakah tanda mata kamu kering di sana? Karena normalnya mata itu dalam kondisi lembap. 


    Lengket

    Pernah melihat wanita yang memakai softlens ia mengeluarkan banyak air mata setelah memakainya? Itu tanda bukan saja menandakan bahwa komposisi di dalam mata tidak seimbang dan mata sedang beradaptasi lagi agar mata bisa dalam kondisi normal. Akan tetapi, jika air mata itu keluar berlebihan bisa menciptakan keluhan lengket.


    Mata cepet lelah

    Hal ini bisa terjadi karena mata kering membuat mata jadi perih, hingga kekuatan fungsi mata jadi berkurang. Alhasil, mata jadi gampang lelah yang kalau dipaksa tak jarang bikin kepala pusing. Pernakah kamu merasakan ini, ladies?


    Penglihatan buyar 

    Ya, mata kering bisa membuat pemandangan yang sehari-harinya jelas di mata kamu mendadak jadi kabur atau buyar. Menurut dokter Neni, ini bisa dibilang fungsi mata juga sudah menurun, akibat dari memaksakan mata kering dipakai dalam waktu lama.


    Bila kamu merasakan punya keluhan salah satu di atas, cobalah lakukan konsultasi ke dokter. Hal itu untuk bisa diketahui secara jelas akar masalah yang membuat keluhan mata kamu muncul.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below