Boleh Nggak Pakai Sabun Khusus Miss V Saat Haid?


  • Boleh Nggak Pakai Sabun Khusus Miss V Saat Haid?
    Foto: Freepik

    VAGINA adalah saluran yang menghubungkan alat genital perempuan bagian dalam dengan luar. Miss V menghasilkan cairan atau sekret yang bermanfaat. Fungsi sekret vagina antara lain menjaga kelembapan vagina tetap normal, tidak terlalu kering, sekaligus membuang keluar kotoran yang ada di dalam.


    Tapi, aktivitas yang tinggi membuat kelembapan organ kewanitaan meningkat. Sehingga keseimbangan flora yang ada di Miss V terganggu. Kalau kondisi tersebut dibiarkan dalam waktu lama, bisa membuat Miss V jadi tidak sehat. Apa ciri-cirinya? Ciri-ciri vagina yang tidak sehat antara lain kering atau terlalu lembap. Selain itu, warna sekret vagina yang berubah dan memunculkan bau tak sedap




    Oleh karenanya, ketika aktivitas harian wanita sedang aktif disarankan membersihkan area intimnya dengan sabun khusus Miss V. Hal itu agar flora yang ada di dalam area kewanitaan kamu tetap seimbang, dan jauh dari risiko Miss V tidak sehat.


    Akan tetapi, bagaimana kalau sedang masa haid, masih bolehkah memakai sabun khusus vagina?


    dr. Neni Anggraeni, Sp.OG, ahli kebidanan dan kandungan, dari RSB Permata Sarana Husada, menjelaskan bahwa saat haid Miss V harus dibersihkan, bahkan harusnya lebih rajin membersihkannya lagi. Karena, pembalut yang dipakai untuk menampung 'darah kotor' bisa jadi tempat mengumpul kuman. Kondisi itu pun membuat Miss V jadi sangat lembap, dan membuat berisiko tinggi jadi tidak sehat


    “Saat wanita sedang haid, itu kan bakal mengeluarkan darah beberapa hari itu. Dan itu akan membuat Miss V dalam basah. Jadinya gampang membuat Miss V jadi lembap. Oleh karenanya, disarankan harus cepat mengganti pembalut. Jangan dibiarkan menumpuk terlalu lama.


    Pernah punya pengalaman pembalut yang kamu pakai sampai mengeluarkan bau tak sedap atau amis? Itu karena kita membiarkan terlalu lama tidak mengganti pembalut, akhirnya Miss V jadi lembap dan akhirnya kuman ngumpu dan berkembang,” jelasnya dalam diskusi media More Active, More Confident yang diselenggarakan oleh Absolute di Café Paradigma, Jakarta, belum lama ini.


    Sejatinya, vagina, memang lembap, kata dokter Neni,. Namun, bukan kelembapan yang berlebihan. Dalam kondisi wanita sedang haid, kelembapan yang mereka alami sangat tinggi. Oleh karena itu, wanita harus rajin membersihkan di sela kegiatan – apalagi saat masih sedang hari “banyak-banyaknya” keluar 


    “Pakailah sabun khusus saat benar-benar membutuhkan. Jangan terlalu sering juga, nanti 'kuman baiknya' hilang. Kamu bisa membersihkan Miss V dengan air biasa kok,” terangnya.