Suka Duduk Terlalu Lama? Awas, Alami Masalah Ingatan!


  • Suka Duduk Terlalu Lama? Awas, Alami Masalah Ingatan!
    Foto: Freepik

    APAKAH aktivitas harian kamu membuat kamu lebih banyak duduk di atas bangku? Bila iya, mungkin saatnya kamu perlu kurang, ladies. Sebab, studi terbaru menunjukan bahwa terlalu banyak duduk bisa membuat seseorang mengalami masalah ingatan.


    Ya, peneliti dari University of California - Los Angeles (UCLA), menemukan, orang yang memiliki gaya hidup minim gerak -- seperti menghabiskan hari di atas bangku -- dikaitkan dengan perubahan bagian otak yang memengaruhi kemampuan mengingat.




    Penelitian sebelumnya juga sudah mengaitkan perilaku minim aktivitas fisik di mana meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes dan kematian dini pada orang diusia dewasa muda dan dewasa tua.


    Studi terbaru yang  diterbitkan dalam jurnal PLOS One ini, ialah upaya meneruskan penelitian di atas. Dalam penelitiannya, peneliti memfokuskan pada dampak gaya hidup minim gerak pada otak. Dan didapatkan hasil penelitian bahwa perubahan kemampuan memori terjadi saat responden terlalu lama duduk di bangku.


    Hal itu bisa terjadi karena ada penipisan lobus temporal medial, wilayah otak yang bertanggung jawab membentuk ingatan baru, kata para peneliti dalam jurnal tersebut.


    Penipisan bagian tersebut diketahui sejak lama bisa menurunkan kemampuan kognitif dan dikaitkan dengan demensia pada dewasa muda dan dewasa tua. Demikian seperti dilansir laman Foxnews, Selasa (17/4/2018)


    Dalam penelitian ini, kita bisa mengambil pelajaran bahwa sebaiknya kamu harus melakukan peregangan atau aktivitas fisik bila aktivitas harian yang kamu lakukan berada di atas bangku. Misalkan, kalau menerima telpon dari teman bisa dengan berjalan-jalan, atau melakukan peregangan tubuh setiap dua atau tiga jam sekali. Intinya, buatlah diri kamu bergerak dan aktif ya ladies.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below