Ini Saran dari Pakar agar Kamu Tidak Gampang Sensi


  •  Ini Saran dari Pakar agar Kamu Tidak Gampang Sensi
    Foto: Freepik

    TAK ada larangan untuk wanita berkarir. Tetapi, dengan aktivitas yang padat, sebaiknya harus mengusahakan mengonsumsi sarapan. Karena sarapan membantu melancarkan pekerjaan, baik perfoma maupun mood


    Ya, menurut dokter Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, dokter gizi klinis dari RS. Cipto Mangunkusumo, sarapan ialah bagian paling penting dalam pola makan. Karena sarapan bisa membantu memenuhi kamu dalam menjalani aktivitas sehari-hari, baik energi tubuh dan otak.




    “Kalau kamu menyempatkan sarapan, itu berarti 25-35 persen kamu sudah mencukupi nutrisi harian tubuh. Efeknya apa, orang yang sudah sarapan punya mood yang lebih bagus. Jauh dari stres,” terangnya, di Jakarta, belum lama ini.


    Bagaimana kalau tidak sarapan? Kamu akan jadi orang yang gampang sensitif, kata dokter Fiastuti. Itu karena perut belum diisi hingga tubuh tak memiliki energi untuk berpikir atau bergerak. Jadi, begitu ada persoalan yang menuntut kita mencari solusi, tubuh kita sudah menolak. Di mana secara psikis kamu ingin cepat mencari solusi, fisik kamu menolak. Di proses inilah pada akhirnya yang membuat orang jadi sensitif dan lebih gampang stres.


    “Saat kamu melewatkan sarapan, logika untuk menimbang baik-buruk jadi tumpul. Karena aktivitas berpikir itu membakar kalori banyak. Butuh energi. Sedangkan energi atau ‘makanan otak’ hanya bisa di dapat dari sarapan. Jadi, bagaimana ceritanya bisa mikir, kalau ngasih makan ‘makanan otak’ juga tidak?,” terangnya.


    Bagi kamu yang membutuhkan rekomendasi menu sarapan, dokter Fiastuti menyarankan untuk mengonsumsi overnight oat. Ini karena cara membuatnya sangat praktis dan lengkap nutrisinya. Buatlah topping oat sesuai selera kamu dengan menambahkan bahan yang kamu suka. Apakah itu buah stroberi, pisang, dark chocolate, kacang almond, kayu manis atau semua itu.


    “Tidak aturan baku untuk membuat oat yang enak. Itu bagaimana kreasi kamu dalam dalam membuatnya. Kamu hanya perlu sedikit bereksperimen saja,” terangnya.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below