Jangan Pernah Melewatkan Sarapan ya, Ladies



  • STUDI terbaru menemukan bahwa kesadaran masyarakat Indonesia untuk sarapan sudah meningkat. Di mana 77 % masyarakat di usia produktif (16-36 tahun) mulai mengawali harinya dengan sarapan.


    Meski begitu, kesibukan dan bangun telat sering membuat seseorang melewati sarapan. Padahal, manfaat sarapan sangat krusial dalam melancarkan kegiatan seseorang.




    Mengapa sarapan penting dilakukan? Karena kita makan terakhiri itu di jam 8-9 malam. Dan setelah itu seseorang "puasa' selama 8-10 jam. Sementara energi dalam tubuh hanya bisa bertahan dalam waktu 8-10 jam. Jadi kalau kita tidak sarapan, kita memulai hari tanpa tenaga.


    "Sarapan itu merestorasi energi pada tubuh karena meski dalam keadaan tertidur, tubuh tetap menyerap energi untuk bekerja. Di pagi hari, kadar gula dalam darah, glikogen dan insulin berkurang drastis. Itu sebabnya badan kita terasa lemas saat bangun," terang Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, dokter gizi klinis dari RS. Cipto Mangunkusumo, dalam acara yang bertema Press Conference Quaker Oats: Start Good Days with A Healthy Breakfast, di Wyls Kitchen, Veranda Hotel, Jakarta Selatan, Rabu (11/4/2018)


    "Kalau sudah seperti, jangankan untuk berkerja, mau berdiri saja malas. Gimana kalau kegiatan yang dilakukan melakukan memakai otak? Ini karena 'makanan otak' itu berasal dari karbohidrat," tambah dokter Fiastuti.


    Menurut dokter Fiastuti, kalau seseorang sarapan akan ada sinyal untuk tubuh kita 'oke, kamu udah siap memulai aktivitas hari ini'


    Sementara kalau tidak, otak mengirim sinyal ke tubuh 'kamu tidak bisa apa apa'. "Dan akhirnya, alih-alih mau produktif jadi riskan bad mood karena rasa lapar," kata dokter Fiastuti.


    Lantas, apa sarapan sehat yang praktis -- tanpa harus menghabiskan waktu di pagi hari? Dokter Fiastuti menyarankan untuk mengonsumsi oat dengan berbagai makanan tambahan, agar nilai gizinya jadi seimbang.


    "Sarapan itu harus lengkap, bukan asal kenyang saja. Harus, ada serat, protein vitamin-mineralnya ada. Itu karena semua kandungan itu yang mencukupi kebutuhan kita setiap hari. 


    Dan itu bisa kamu dapatkan dengan oat. Itu karena di sana ada sumber protein lewat kacang almond, mineral dari susu susu, vitamin dari buah -- seperti stroberi. Dan kalau mau yang enak, tinggal tambahkan madu," terang dokter Fias.


    Apa efeknya? Oat cukup bisa membuat kenyang -- terhindari ngemil makanan tidak sehat dan merasa berenergi dalam seharian penuh, kata Dr. dr. Fiastuti 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below