Ini Kiat Jitu Jadi Desainer Seperti Dian Pelangi



  • Industri fesyen yang berkembang pesat saat ini, membuat banyak orang ingin menjadi desainer. Hal itu terbukti, setiap tahun selalu muncul desainer muda yang karya-karyanya menjadi perbincangan. 


    Bila kamu orang yang tertarik menjadi desainer, terdapat hal-hal yang wajib kamu ketahui. Ya, desainer Yudhistira mengatakan ada beberapa langkah sederhana yang harus dilakukan agar brand dan nama desainernya cepat dikenal dan laku produk. Sehingga kelak bisa terkenal seperti Dian Pelangi, Ria Miranda, Barli Asmara dan desainer terkenal lainnya.




    Nah, apa saja itu? Berikut Yudhistira membagi tips-nya.


    Perluas network

    “Bila ada informasi fashion week di mana, itu kamu harus mulai rajin datangi. Hal ini pula agar kamu mulai berkenalan dengan orang terlibat dalam bisnis fashion sekaligus mendapatkan inspirasi dari karya baju yang ingin dibuat. 


    Bila kamu belum punya kartu nama, sebaiknya membuatnya dari sekarang. Itu agar lebih mudah memperkenalkan diri secara profesional. Dengan cara ini, tak menutup kemungkinan dikemudian hari kamu bisa menampilkan karya atau berkolaborasi dengan desainer lain,” terang Yudhistira, di Grand Metropolitan-Bekasi, belum lama ini.



    Gali informasi sebanyak-banyaknya

    Kalau mau menjadi desainer, cara berpikirnya ialah kamu membuat karya yang medioker – membuat karya dari yang sudah ada. Untuk itu, calon desainer harus menggali informasi sebanyak-sebanyak agar peka terhadap tren seperti apa yang bakal trending dan hits di masa depan. “Hal ini agar relevan dari karya yang kamu buat, sehingga karya kamu bisa disambut baik,” kata Yudhistira.


     

    Ikut organisasi desainer

    Desainer pasti punya payung organisasi, dan ini bisa jadi salah satu cara kamu bisa diakui –selain lewat karya kamu nanti. Tak usah muluk-muluk dengan masuk organisasi yang skala nasional, masuk saja organisasi lokal kota kamu dulu. 


    Menurut Yudhistira, ini hampir menjadi cara yang dilakukan para desainer muda dalam merintis karirnya. Sebab, saat kamu masuk ke dalam organisasi, jaringan bakal meluas, berita atau informasi terbaru seputar tren akan kamu dapatkan, peluang tampil dalam fashion show, kerja sama makin terbuka lebar. 


    Dengan demikian, kamu bisa langsung bisa membuat langkah strategis untuk brand kamu. Karena ‘medan’ tantangannya sudah mulai kamu ketahui.


    Aktif di sosial media

    Ya, setelah kamu menganalisa pasar, menentukan segmen dari brand kamu, lalu membuat karyanya, kamu harus aktif di sosial media. Misal, kamu mengunggah proses dari membuat baju, sampai saat sudah jadi, dan dipakai sama talent, itu akan banyak membuat – setidaknya – inner circle kamu ngeh akan brand kamu. Akan lebih baik, bila kamu melakukan promosi berbayar, katakanlah di instagram, itu akan membuat kamu cepat dikenal masyarakat luas.


    Punya ciri khas

    Ini yang menjadi hal krusial dalam pilihan kamu menjadi seorang desainer. Ya, untuk bisa gampang dikenal kamu harus mencari tahu ciri khas yang membuat kamu menonjol bila disandingkan desainer lain.” Jadi, pas kamu memutuskan menjadi desainer, kamu harus tahu jati diri karyamu apa dan garis rancangan yang kamu buat dari setiap karya yang kamu keluarkan. Agar saat orang melihat rancangan baju, mereka tahu ‘oh ini mah karyanya si A’,” terang Yudhistira.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below