Tumbuh Akar: Keseharian Nana Tedja Dalam Garis & Warna


  • Tumbuh Akar: Keseharian Nana Tedja Dalam Garis & Warna
    Dok. Herworld

    Pada tanggal 21 Maret 2018 lalu, museum Art:1 Jakarta resmi membuka pameran tunggal bertajuk 'Tumbuh Akar' hasil karya seniman asal Yogyakarta, Nana Tedja.





    Gambar 1: Pameran kaya warna dan kaya cerita


    Eksebisi yang dilangsungkan selama satu bulan penuh sejak 22 Maret hingga 21 April 2019 ini terselenggara atas kerjasama dengan A. Anzieb di mana berperan sebagai kurator sekaligus salah satu teman baik Nana Tedja. "Saya kenal Nana sudah lama, dan saya lihat hasil lukisannya beda dari lukisan-lukisan lain. Ada cerita yang ia tuturkan di tiap garis, warna, dan goresannya. Belum lagi ia juga punya ciri khas di mana hampir semua karyanya bersifat 'tumpuk' atau berlapis sehingga menjadikannya unik dan menarik.", papar Anzieb.



    Gambar 2: Salah satu karya yang berjudul 'Ojo Dumeh'


    Ada 19 karya terbaru yang dipamerkan. Semuanya berhubungan erat dengan pengalaman hidup sehari-hari di mana berkisar masalah rumah tangga, anak, masa lalu, bahkan ledakan emosi sampai ragam imajinasi. Sungguh ide yang sederhana namun sarat makna dan nilai seni.



    Gambar 3: Tuturan Nana Tedja tentang kehidupannya


    Perempuan lulusan pendidikan pascasarjana jurusan Penciptaan Seni Lukis di Institut Seni Indonesia Yogyakarta, ini menuturkan bahwa pengalaman kulturalnya lah yang kerap menyumbang banyak inspirasi saat ia sedang memegang kuas.



    Gambar 4: Sudut ruangan dan dua lukisan yang berkisah tentang 'sawah'


    Terlahir dari keluarga Jawa yang kental akan nilai budaya dan keyakinan, membuat Nana Tedja merasa memiliki tingkat spiritual khusus yang dapat dialirkan pada sebuah karya.



    Gambar 5: 'Happy Introvert'

    "Karya-karya Nana Tedja memiliki kecenderungan yang sangat subjektif, lebih mendekat pada hal-hal yang unik dan hanya mampu dibaca oleh jiwa. Ia mengedepankan kejujuran, otentisitas, dan sesuai dengan nurani sehingga tak mampu berpura-pura meski hanya lewat sepenggal bahasa yang tertuang lewat garis, goresan, coretan, lapisan, dan hal-hal lain yang merupakan ungkapan organik" cetus A. Anzieb menutup perbincangannya kala itu.



    Gambar 6: Nana Tedja dan karyanya

    Jika ada waktu, datang dan nikmatilah karya-karyanya pada pameran kali ini. Segar, tak biasa, dan amat menyenangkan untuk dikunjungi!


    INFORMASI PAMERAN

    Durasi                        : 22 Maret 2018 - 21 April 2018

    Jam Operasional    : Selasa - Sabtu pk 10.00 - 18.00 WIB

                                          Minggu pk 10.00 - 16.00

    Lokasi                        : Artspace, G3, Art 1, Jl. Rajawali Selatan Raya No. 3 Jakarta Pusat 10720



 

Related Articles

Tumbuh Akar

Tumbuh Akar

oleh Nungki Dwiandara

Alasan Jerawat Tumbuh Setelah Dewasa

Alasan Jerawat Tumbuh Setelah Dewasa

oleh Putri Arifa Malik

Advertisement - Continue Reading Below