Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Kuliah S2


  • Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Kuliah S2
    (Foto: bruce mars/Pexels)

    Mengejar pendidikan tidak memiliki batasan umur. Ada yang langsung memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 begitu lulus dari S1, ada juga yang memilih untuk bekerja dulu beberapa tahun lalu kembali ke bangku perkuliahan lagi.

    Ketika banyak teman yang memilih untuk kuliah lagi, Anda mungkin turut merasakan dorongan untuk melakukannya juga. Tetapi jika memang belum siap, maka tidak perlu terburu-buru untuk melakukannya. Tidak sedikit juga orang-orang yang kuliah S2 ketika mereka sudah memasuki kepala tiga, bahkan empat.

    Jika Anda akhirnya sudah memutuskan untuk kuliah S2, maka tak hanya tekad saja yang harus dipersiapkan, tetapi juga berbagai hal lainnya. Salah satunya adalah biaya. Apabila Anda tidak mengambil beasiswa, maka akan ada banyak biaya yang harus dikeluarkan, apalagi jika memutuskan untuk kuliah di luar negeri.



    Selain itu, pastikan juga universitas yang dipilih mempunyai metode pembelajaran yang cocok untuk Anda, sehingga tak menghambat proses pembelajaran. Apabila ternyata sistem pembelajaran online lebih cocok untuk Anda, tidak ada salahnya untuk mengambil kelas online jika ditawarkan.

    Siapkan mental yang kuat untuk menghadapi persaingan yang akan dihadapi selama S2. Para mahasiswa S2 cenderung lebih serius daripada mahasiswa S1 karena biasanya mereka kuliah atas keinginan sendiri, sehingga memiliki niat yang besar. 

    Menjalin koneksi tak hanya berguna di dunia pekerjaan, tetapi juga dunia pembelajaran. Apabila sudah mengenal seseorang yang belajar atau bekerja di universitas tersebut, maka Anda bisa bertanya kepadanya seputar dunia perkuliahan di sana agar bisa mempersiapkan diri lebih baik.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below