Dampak Stress Tuntutan Pekerjaan Terhadap Rumah Tangga


  • Dampak Stress Tuntutan Pekerjaan Terhadap Rumah Tangga
    (Foto: energepic.com/Pexels)

    Pernah memiliki banyak pekerjaan yang harus diselesaikan hingga harus dibawa ke rumah? Banyaknya pekerjaan tersebut dapat membuat Anda merasa stres. Belum lagi dengan pekerjaan rumah yang juga harus dikerjakan seperti mencuci piring atau pakaian. Akibatnya, kehidupan rumah tangga pun terganggu karena tuntutan pekerjaan telah merusak kebiasaan rumah tangga dan timbul konflik yang disebut konflik keluarga-pekerjaan. 

    (Baca juga artikel: Manfaat Mengerjakan Pekerjaan Rumah Bersama Pasangan)

    Berdasarkan jurnal hasil penelitian yang ditulis oleh Dr. Demerouti dan timnya pada tahun 2005, Journal of Vocational Behavior,  tuntutan pekerjaan dapat mempengaruhi kepuasan hidup.  Hal ini dibuktikan dengan adanya konflik keluarga-pekerjaan. Dengan kata lain, semakin banyak tuntutan pekerjaan, maka konflik keluarga-kerja pun meningkat, dan akhirnya kemudian mempengaruhi kepuasan hidup dari pasangan suami-istri.

    Namun tak perlu bersedih dahulu, karena tak hanya hal negatif saja yang didapat, tetapi juga hal yang positif. Misalnya ketika Anda sukses dalam melakukan pekerjaan atau berhasil meraih sebuah prestasi, maka si dia pun akan kecipratan rasa bahagia yang dirasakan.