Potret Warga Jakarta Dalam Bingkai Dan Kata-Kata


  • Potret Warga Jakarta Dalam Bingkai Dan Kata-Kata
    Dok. Bazaar/Hary Subastian

    Tanggal 23 Februari 2018 lalu, Museum Art:1 Jakarta resmi menggelar eksibisi fotografi bertajuk FREE FALL dan peluncuran buku dengan judul HERE*NOW karya seniman asal California, Vanessa van Houten.




    Atas: Vanessa van Houten


    Dalam pamerannya, fotografer lulusan Polythecnic, University in Dortmund, Jerman yang melanjutkan studinya di New York pada jurusan The Anthology Film Archives berikut, mencoba untuk memotret bermacam rupa masyarakat Indonesia sambil menampilkan kejujuran pada tiap raut wajah objek bidiknya. Dari sana, ia menemukan ragam perbedaan yang mengerucut pada kesimpulan tentang kebersamaan. 



    Atas: Press Conference 


    Dengan berkolaborasi dengan Ayla Dimitri sebagai salah satu model dalam fotonya, Chitra Subyakto atas nama label Sejauh Mata Memandang yang semakin memperindah tiap cerita dengan kain putih yang membalut tubuh para individu yang terpotret, hingga Jay Subyakto dan Oscar Motuloh sebagai kurator, pameran ini pun jadi makin menarik untuk dikunjungi dan disimak.



    Atas: Jay Subyakto

    Seluruh hasil jepretan kameranya kemudian ia bukukan pada buku fotografi kedua yang berjudul HERE*NOW setelah buku pertamanya yang berjudul RAW terbit beberapa tahun sebelumnya. Ada 50 orang Indonesia yang ia pilih untuk masuk dalam karya ini. Mulai dari pria, wanita, bahkan trans gender pada rentang usia 20 - 80 tahun. Barista, seniman, musisi, artis, atlet, dan beragam profesi lainnya pun tak luput dari lensa Vanessa.



    Atas: Ayla Dimitri


    Dari 50 persona, terkurasi lagi 39 orang yang masuk dalam HERE*NOW, yang mana diantaranya adalah Ridho Slank, Poppy Sovia, Rama Dauhan, Ananda Sukarlan, hingga Sari Kusumaningrum. Menariknya, tiap foto dibarengi dengan tulisan dan sepotong kalimat tentang kisah hidup atau pandangan mereka mengenai kehidupan dan esensi menjadi diri sendiri. 



    Atas: Buku HERE*NOW dengan Kaka Slank sebagai salah satu model dari empat macam sampul.


    "HERE*NOW dan RAW adalah suara Vanessa van Houten tentang apa yang disimak dan dipelajarinya perihal hidup dalam masyarakat jakarta yang berubah." Ujar Oscar Matuloh, seorang fotojurnalis kenamaan Indonesia.



    Atas: Chitra Subyakto 


    Oleh sebab itu, mampir dan nikmatilah karya yang hanya akan dipamerkan sampai tanggal 18 Maret 2018 di Artspace, G2, Art:1, Jl. Rajawali Selatan Raya No. 3, Jakarta ini. Untuk info lebih lanjut, bisa Anda cek di situs www.mondecor.com , email pada alamat [email protected], atau hubungi di nomor 021-64700168/0813-19543349 (WA).




 
Advertisement - Continue Reading Below