Tips Penting Jika Ingin Liburan Hemat


  • Tips Penting Jika Ingin Liburan Hemat
    (Foto: Dok. Pexels.com)

    Liburan yang menyenangkan tak selamanya harus mewah dan menghabiskan uang banyak. Kecuali Anda memang memiliki anggaran tak terbatas untuk liburan, ada banyak cara untuk membuat liburan tetap berkesan tanpa harus membuat tagihan membengkak.

    Buat Anggaran Liburan
    Merencanakan liburan tanpa anggaran bisa berbahaya. Mungkin Anda tergoda dengan harga tiket pesawat yang murah, ulasan hotel menarik, hingga berbagai atraksi wisata seru, dan tanpa disadari, Anda sudah menghabiskan uang lebih banyak. Dengan melihat anggaran pribadi dan tabungan, serta pengeluaran bulanan, Anda bisa menentukan anggaran liburan yang aman. Aplikasi seperti Kayak Explore (www.kayak.com/explore/) bahkan bisa membantu Anda menemukan lokasi wisata sesuai dengan anggaran yang diinginkan.

    Bepergian Saat Off-Season
    Jika Anda memiliki jadwal yang fleksibel, Anda bisa menghemat lebih banyak dengan bepergian saat off-season atau low-season. Sebagai bonus tambahan, Anda bisa menikmati berbagai tempat wisata tanpa harus berdesakan dengan turis lain. Hindari berlibur saat musim panas, libur sekolah atau hari raya besar karena Anda akan membayar harga tiket dan akomodasi yang lebih besar. Sebaiknya, waktu terbaik untuk berlibur adalah saat awal tahun dan awal musim gugur.

    Mencari Alternatif Hotel
    Anda bisa memotong anggaran dengan mengeksplor akomodasi non-tradisional, seperti:

    1. Hostel: Saat bepergian ke luar negeri, hostel menyediakan biaya penginapan rendah pada traveler. Mungkin Anda harus berbagi kamar tidur dan kamar mandi dengan traveler lain, namun Anda tetap mendapat tempat tidur sendiri. Keuntungannya, Anda bisa menambah koneksi teman baru. Hostel merupakan opsi tepat jika Anda bepergian sendiri atau dengan pasangan, dibanding bersama keluarga.

    2. Rental rumah: Pemilik rumah biasanya menyewakan rumah liburan mereka pada traveler saat tak digunakan. Kini Anda bisa menemukannya dengan lebih mudah via aplikasi Airbnb dan VRBO. Biasanya, rumah sewa juga menyediakan dapur, halaman belakang, dan fasilitas lain. Cocok bagi Anda yang ingin berlibur bersama keluarga.



    3. Menginap di rumah teman: Jika Anda cukup beruntung memiliki teman atau saudara di lokasi tujuan, ini bisa menjadi cara untuk memotong biaya penginapan. Mereka juga bisa merekomendasikan berbagai kegiatan seru (yang murah) selama Anda datang berkunjung.

    Rencanakan Liburan Singkat
    Baik liburan Anda ditujukan untuk relaksasi atau ekplorasi, Anda tak perlu menghabiskan berminggu-minggu demi mendapatkan pengalaman yang diinginkan. Liburan yang lebih singkat memiliki manfaat yang sama dengan liburan panjang, ditambah hal ini akan memotong pengeluaran. Anda bisa mengunjungi taman nasional terdekat, bumi kemah, atau museum lokal yang bisa dilakukan dengan harga murah. Selain itu, Anda bisa berkendara dengan transportasi pribadi, sehingga tak perlu membeli tiket pesawat.

    Pesan Promo Dadakan
    Jika Anda tak memiliki anggaran lebih untuk liburan panjang, Anda tetap bisa menikmati liburan akhir pekan dengan promo dadakan. Mungkin Anda butuh kesabaran esktra, namun trip dadakan bisa meringankan tagihan rekening. Pendekatan ini hanya cocok jika Anda tak picky memilih lokasi wisata. Ingat, promo dadakan bisa saja terjadi 24 jam sebelum hari H. Jika Anda melihat harga yang sesuai, segera pesan karena harga promo biasanya lebih cepat berubah.

    Menunggu Promo
    Ada keuntungan lain jika Anda tak memiliki waktu liburan spesifik. Salah satunya adalah kemampuan menekan harga tiket pesawat dengan menunggu momen promo. Kini semakin banyak penawaran promo online dari berbagai maskapai yang bisa dilakukan tanpa harus lelah mengantre. Namun, harga promo biasanya memiliki jangka waktu penerbangan yang harus diikuti.

    Pergi Bersama Grup
    Tak ada salahnya berlibur bersama grup besar seperti keluarga atau teman-teman dekat. Dengan begitu, Anda bisa patungan membayar biaya akomodasi atau makanan. Tak sedikit pula maskapai yang memberikan potongan harga bagi grup besar di atas 10 orang. Satu hal yang perlu diperhatikan, Anda baru bisa mendapatkan potongan harga dengan menghubungi langsung call center untuk hotel dan maskapai karena pelayanan online biasanya tak menyediakan fasilitas ini. Opsi lain adalah dengan menggunakan situs seperti Groople (www.groople.com) yang mengijinkan Anda untuk mengecek group rates sesuai destinasi pilihan dan jumlah orang yang ikut.

    (OLEH: KIKI PRISKILA)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below