Ketahui 5 Istilah Finansial Ini Sebelum Pergi Ke Bank


  • Ketahui 5 Istilah Finansial Ini Sebelum Pergi Ke Bank
    (Foto: David McBee/Pexels)

    Kesulitan memahami istilah finansial dari bank atau perencana keuangan Anda? Kami siap membantu! Berikut adalah lima istilah finansial mendasar yang wajib diketahui.

    1. Dividen

    Laba yang diterima oleh pemilik saham dari perusahaan dalam suatu periode. Namun dalam beberapa kasus, tidak semua keuntungan perusahaan tersebut dibagikan sebagai dividen, melainkan digunakan untuk meningkatkan usaha perusahaan. Dividen sendiri terdiri dari enam bentuk yaitu tunai, properti, saham, surat hak (stock right) surat janji untuk pembayaran kemudian hari (scrip dividen), dan dividen likuidasi.



    2. ETF

    ETF (Exchange Traded Fund) adalah produk investasi yang menggabungkan dua karakteristrik yakni reksa dana terbuka dan saham. ETF merupakan reksa dana yang kebijakan investasinya mengacu pada indeks tertentu. ETF juga menjadi produk investasi unggulan karena memiliki banyak keuntungan.

    3. Equities

    Equity merupakan selisih dari aset (nilai perusahaan) yang dikurangi dengan nilai liability (utang perusahaan).

    4. Cash Flow

    Clash flow merupakan pergerakan jumlah uang yang masuk (cash in flow) atau keluar (cash out flow). Ada dua jenis cash flow, yaitu arus kas yang positif (sehat) dan negatif (tidak sehat). Arus kas positif berarti penghasilan Anda lebih besar dari pengeluaran, sedangkan arus kas negatif berarti penghasilan Anda lebih kecil dari pengeluaran.

    5. Credit Risk

    Risiko kerugian yang terjadi akibat adanya kegagalan pihak lain dalam memenuhi kewajibannya, misalnya debitur yang tidak membayar kembali utangnya.

    (Teks: Kiki Riama Priskilla)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below